jumlah peserta diperkirakan mencapai 700 orang
Ambon (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dijadwalkan membuka kongres XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Kota Ambon Provinsi Maluku pada 14 Mei 2023.

"Kongres akan dibuka Menpora Dito Ariotedjo mewakili Presiden dan dihadiri juga Deputi I dan II Kantor Staf Presiden (KSP), serta pengurus Organisasi Lintas Agama yakni GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah, Katolik maupun Kelompok Cipayung dan Keluarga Besar GAMKI," Kata Sekretaris Umum DPP GAMKI, Sahat M. P. Sinurat, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, delegasi kongres yang akan berpartisipasi berasal dari 220 DPC dan 28 DPD GAMKI se-Indonesia.

"Jumlah peserta diperkirakan mencapai 700 orang yang akan mengikuti kongres GAMKI di Ambon," katanya

Pembukaan kongres akan dilakukan di Gereja Maranatha, setelah pembukaan dilanjutkan dengan study meeting yang dibagi dalam delapan sesi.

Study meeting katanya, akan membahas Pancasila, pemilu, pembangunan di Maluku dan beberapa isu strategis lainnya.

Baca juga: Wapres senang partisipasi paduan suara GMKI dan GAMKI di Munas KAHMI
Baca juga: GAMKI minta tindak tegas pelaku kekerasan atas nakes di Kiwirok Papua


Sementara itu Isu-isu lokal yang akan dibahas yakni isu-isu konektivitas dengan melibatkan Kementerian Perhubungan, maupun seputar pembangunan di wilayah timur secara umum.

"Hari selanjutnya dilanjutkan dengan laporan Pertanggungjawaban Pengurus DPP GAMKI dan pembahasan internal sekaligus pemilihan kepengurusan DPP GAMKI, " ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana Kongres, Lucky Wattimury menjelaskan, tercatat lebih dari 200 peserta kongres telah tiba di Ambon, dan ditempatkan di rumah-rumah jemaat di Ambon.

Untuk transportasi peserta selama kongres didukung Kementerian Perhubungan melalui Balai Perhubungan Darat di Ambon maupun Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya dengan menyiapkan 12 unit Damri.

Pihaknya berharap, Kongres XII GAMKI di Ambon dapat berjalan dengan baik, aman, nyaman dan tertib, dengan dukungan Pemerintah Provinsi Maluku, Kota Ambon dan pihak lainnya.

Baca juga: GAMKI minta perpanjangan PPKM harus percepatan penanganan COVID-19
Baca juga: GAMKI sebut silaturahmi berbeda pandangan adalah wujud Pancasila

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023