Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Staf Khusus Presiden RI Bidang Inovasi, Pendidikan, dan Daerah Terluar Billy Mambrasar berkomitmen memajukan pemuda Indonesia timur, baik bidang ekonomi kreatif, UMKM, olahraga, maupun seni budaya.

Komitmen tersebut salah satunya dilakukan melalui kunjungan ke Provinsi Maluku yang diawali dengan pembukaan Kongres Nasional XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI).

“Saya akan bermitra dengan Stafsus Presiden asal Papua dan seluruh kelompok pemuda di Maluku dan Indonesia timur lainnya untuk mendorong pendirian pusat-pusat kegiatan yaitu Prestasi Hub,” kata Menpora Dito dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Dia menuturkan nantinya pusat-pusat kegiatan pemuda yang disebut Prestasi Hub juga akan diselenggarakan di seluruh Indonesia dengan dimulai dari Indonesia timur dan Aceh.

Baca juga: Presiden Jokowi harap GAMKI berkontribusi bagi pembangunan nasional

Staf Khusus Presiden RI Bidang Inovasi, Pendidikan, dan Daerah Terluar Billy Mambrasar mengatakan kunjungan bersama ini menjadi momen untuk menampung aspirasi pemuda Maluku di berbagai sektor sehingga bisa ditindaklanjuti dalam rangka membangun kepemudaan di Indonesia timur.

Setelah pembukaan Kongres GAMKI, keduanya melanjutkan ke Sporthall Karang Panjang, Ambon, untuk beraudiensi dengan atlet-atlet muda Maluku, komunitas Standup serta Komunitas Sastrawan Maluku.

Dalam kunjungan itu, Dito menerima aspirasi pemuda Maluku dan berkomitmen menindaklanjuti komitmen-komitmen tersebut.

Beberapa aspirasi ini, seperti kemudahan untuk mantan atlet mengikuti tes masuk PNS, kepolisian, tentara, serta permintaan penambahan fasilitas olahraga di Provinsi Maluku dan Kota Ambon.

Baca juga: Menpora dijadwalkan buka Kongres XII GAMKI di Ambon
Baca juga: GAMKI sebut silaturahmi berbeda pandangan adalah wujud Pancasila

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023