Kota Vatikan (ANTARA) - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy diharapkan bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatikan pada Sabtu, demikian menurut sejumlah sumber diplomatik pada Kamis (11/5).

Kabar tersebut beredar beberapa hari setelah paus menyebut bahwa Takhta Suci akan terlibat dalam misi perdamaian untuk mengakhiri perang antara Rusia dan Ukraina.

Rencana Kunjungan tersebut belum diumumkan secara resmi.

Paus Fransiskus belum memberikan informasi lebih lanjut mengenai inisiatif perdamaian tersebut. Pemerintah Ukraina juga belum memberikan komentar mengenai laporan terkait kemungkinan kunjungan itu.

Kantor kepresidenan Ukraina tidak pernah menjabarkan rencana perjalanan Zelenskyy sebelum waktunya karena alasan keamanan.

Seorang sumber dari perpolitikan Italia mengonfirmasi bahwa Zelenskyy kemungkinan akan berada di Roma pada akhir pekan.

Bila itu terjadi, masih menurut sumber itu, Zelenskyy juga diperkirakan akan bertemu Perdana Menteri Italia Georgia Meloni, yang merupakan pendukung setia Ukraina yang diinvasi Rusia sejak Februari 2022.

Pemberitaan mengenai rencana kunjungan itu pertama kali dilaporkan oleh kantor berita Italia, Ansa.

Kantor berita tersebut juga menyebut bahwa Zelenskyy diharapkan akan melawat ke Jerman pada akhir pekan ini.

Sejak invasi, Paus telah menyerukan perdamaian hampir setiap pekan. Dia juga telah berulang kali mengungkapkan keinginannya menjadi penengah antara Kiev dan Moskow.

Perdana Menteri Ukraina Denys Smyhal bertemu Paus bulan lalu dan menyatakan bahwa dia telah mendiskusikan "formula perdamaian" yang diajukan oleh Zelenskyy. PM Smyhal juga menyatakan telah mengundang Sri Paus untuk mengunjungi Kiev.

Paus Fransiskus yang telah berusia 86 tahun itu sebelumnya menyatakan bahwa dia ingin mengunjungi baik Kiev maupun Moskow untuk sebuah misi perdamaian.

Perang di Ukraina telah mengakibatkan tewasnya puluhan ribu jiwa, serta jutaan orang mengungsi serta sejumlah kota telah sepenuhnya dalam kondisi hancur dan rata dengan tanah.

Sumber: Reuters
Baca juga: Rusia sebut tidak tahu detail rencana perdamaian dari Vatikan
Baca juga: Paus Fransiskus: Vatikan terlibat misi perdamaian rahasia bagi Ukraina
Baca juga: Paus doakan perdamaian Ukraina dan kecam kekerasan di Timur Tengah

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023