Phnom Penh (ANTARA) - Atlet taolu Indonesia Edgar Xavier Marvelo menargetkan melakukan persiapan yang lebih matang menjelang pesta olahraga multicabang Asian Games 2023 yang akan digelar di Hangzhou, China.

“Yang terdekat ada Asian Games, tapi nama-nama atlet yang akan berangkat belum diberitahukan karena masih harus melewati tim review dari KOI dan Kemenpora. Jadi kita tunggu saja. Saya pribadi akan selalu siap jika dipanggil dan mempersiapkan diri sebaik mungkin,” ungkap Edgar saat dijumpai di Phnom Penh, Jumat (12/5) petang.

Pada final nomor Changquan Putra SEA Games Kamboja, Edgar mengantongi nilai tertinggi 9,73 poin dan meraih emas. Medali perak direbut Jowen Lim Si Wei dari Singapura dengan 9,67 poin dan Wong Weng Song dari Malaysia meraih perunggu dengan 9,66 poin.

Emas di SEA Games Kamboja merupakan medali emas ketiga Edgar dari ajang multicabang dua tahunan negara-negara Asia Tenggara itu. Dua emas sebelumnya dihasilkan Edgar pada SEA Games 2019 Filipina.

Baca juga: Perjalanan Edgar rebut kembali "bintangnya" di SEA Games 2023

Di sisi lain, Ketua Tim Review Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Jovinus Carolus Legawa atau akrab disapa Calvin memberikan apresiasi terhadap kesuksesan Edgar dan teman-teman di cabang olahraga wushu SEA Games 2023 Kamboja.

Calvin yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi Sports Development NOC Indonesia juga meminta Edgar dan kawan-kawan langsung melakukan persiapan menuju Asian Games 2023.

"Gerakan Edgar begitu sempurna saat tampil di nomor Changquan. Makanya, saya meminta Edgar untuk langsung mempersiapkan diri menuju Asian Games 2023 Hangzhou. Begitu juga atlet peraih medali emas lainnya akan kami rekomendasikan," kata Calvin.

Secara keseluruhan, timnas wushu Indonesia mengoleksi enam medali emas, enam perak, dan dua perunggu sekaligus membawa Indonesia menjadi juara umum di cabang wushu pada SEA Games 2023 Kamboja.

Baca juga: Wushu kembali tambah perolehan medali Indonesia di SEA Games 2023
Baca juga: Wushu borong lima medali emas untuk Indonesia di SEA Games 2023


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023