Jakarta (ANTARA) - Atlet Taolu putri Indonesia Nandhira Mauriska berhasil meraih emas keduanya pada ajang FISU World University Games 2021 yang dilaksanakan pada 2023, Minggu.

Tampil di Chengbei Gymnasium Chengdu, China, peraih perak SEA Games 2021 Vietnam tersebut tampil sempurna saat turun di nomor Jianshu Putri. Rara, panggilan karibnya, menjadi yang terbaik dengan perolehan angka tertinggi 9,660 poin.

Medali perak direbut Weng-ian Wong dari Macao dengan 9,656 poin dan Moka Furukawa dari Jepang mendapatkan perunggu dengan 9,626 poin.

Sebelumnya, Rara yang juga adik ipar mantan juara dunia Lindswel Kwok itu berhasil menyabet emas dari nomor Changquan Putri dengan meraih angka tertinggi 9,600 poin pada Sabtu (29/7).

Sementara itu, atlet Taolu putra Indonesia Edgar Xavier Marvelo kembali merebut medali perak saat turun di nomor Jianshu Putra dengan meraih 9,703 poin. Medali emas kembali direbut atlet tuan rumah China Zhedian Jin dengan 9,716 poin dan perunggu diraih Qi Yue Ang dari Malaysia dengan 9,660 poin.

Sebelumnya Edgar meraih perak pada nomor Changquan Putra dengan mengantongi 9,716 poin.

Dengan hasil ini, Timnas Wushu Indonesia binaan Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) telah mencatat sejarah menjadi cabang olahraga pertama yang menghasilkan medali emas bagi Kontingen Garuda Muda di ajang tersebut.

Baca juga: Atlet wushu Nandhira sabet emas di FISU World University Games

Bahkan, dua medali emas yang diraih Rara sekaligus mengobati kemarau panjang medali emas selama 12 tahun yang diraih terakhir kali pada FISU World University Games 2011 Shenzen, China dengan tiga emas.

Saat itu, medali emas Indonesia dipersembahkan oleh atlet angkat besi Eko Yuli Irawan (62kg putra) dan Deni (69kg putra), serta di cabang olahraga bulu tangkis nomor mixed team.

“PB WI mengapresiasi kesuksesan Rara menyumbangkan dua medali emas. Begitu juga Edgar yang menyumbang dua perak. Ini prestasi luar biasa,” kata Ketua Umum PB WI Airlangga Hartarto dikutip dari keterangan resmi.

“Saya berharap Rara bisa mempertahankan prestasinya saat nanti tampil di Asian Games 2023 Hangzhou. Begitu juga Edgar bisa meningkatkannya. Dan, saya juga berharap atlet lain bisa meraih prestasi maksimal,” imbuhnya.

Head of Department Kontingen Indonesia Del Asri juga memberikan apresiasi kepada Timnas Wushu Indonesia.

“Mudah-mudahan kita bisa mengulang atau melampaui hasil 12 tahun lalu dengan menambah perolehan medali emas baik dari cabang wushu maupun cabang olahraga lainnya,” ujar Del Asri.

Baca juga: Timnas wushu Indonesia siap tampil di FISU World University Games 2023
Baca juga: Mesir terkesan seremoni pembukaan Universiade Chengdu


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023