Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia U22 ditahan imbang 1-1 oleh Vietnam pada babak pertama semifinal SEA Games 2023 cabang sepak bola putra di Stadion National Olympic, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu.

Pada pertandingan ini Indonesia sempat unggul lebih dulu berkat gol Komang Teguh Trisnanda, tetapi Vietnam dapat menyamakan kedudukan melalui Nguyen Van Tung.

Indonesia mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada babak pertama dan sempat memberikan ancaman melalui umpan-umpan silang yang dilepaskan Marselino Ferdinan, namun tidak ada yang membuahkan hasil.

Skuad asuhan Indra Sjafrie mampu unggul terlebih dahulu pada menit ke-9 melalui sundulan Komang Teguh Trisnanda memanfaatkan umpan lemparan ke dalam Pratama Arhan sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Tertinggal lebih dulu, Vietnam berusaha bangkit untuk menyamakan kedudukan dan salah satunya melalui tendangan Nguyen Van Tung yang masih melambung jauh di atas gawang Indonesia.

Indonesia berbalik memberikan ancaman, kali ini melalui upaya Ramadhan Sananta usai menerima umpan jauh dari lini belakang, namun tendangan dari pemain PSM Makassar tersebut dapat diamankan kiper Quan Van Chuan.

Tim Garuda Nusantara beberapa kali memberikan ancaman ke gawang Vietnam melalui tendangan dari Bagas Kaffa dan Alfeandra Dewangga, namun tidak ada yang membuahkan hasil.

Pratama Arhan memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan Indonesia seusai menerima umpan dari Marselino Ferdinan, namun tendangannya masih menyamping dari gawang Vietnam.

Vietnam menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-36 melalui gol sundulan Nguyen Van Tung yang menerima umpan dari Nguyen Duc Phu.

Setelah menyamakan kedudukan, Vietnam menerapkan permainan agresif dan berusaha berbalik unggul. Namun, hingga babak pertama usai, skor 1-1 tetap bertahan.


Baca juga: Indra Sjafri turunkan kekuatan terbaik untuk lawan Vietnam
Baca juga: Indonesia vs Vietnam pembuktian formasi terbaik Indra Sjafri
Baca juga: Erick Thohir dukung langsung Timnas Indonesia saat hadapi Vietnam

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023