Menurut saya yang penting adalah penataan yang baik
Jakarta (ANTARA News) - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan wacana pemindahan ibukota dari Jakarta ke lokasi lain sebaiknya tidak menjadi prioritas saat ini namun yang lebih penting adalah membenahi infrastruktur pencegahan banjir di Jakarta.

"Pendapat saya pribadi solusinya bukan pindah, tapi perbaiki infrastruktur Jakarta," kata Jusuf Kalla usai bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan perlu biaya yang sangat tinggi bila pemikiran itu diwujudkan karena menyangkut perpindahan ribuan pegawai pemerintah pusat.

"Pindah kantor gampang, pindah orang gimana, misal 200 ribu orang, itu gimana caranya orangnya, butuh effort tidak semudah itu, paling kalau kantor baru bisa bergeser," katanya.

Kalla mengatakan yang sangat mendesak diperbaiki adalah bagaimana secepatnya drainase dan pelebaran sungai-sungai di Jakarta bisa segera dilakukan, demikian juga dengan kemacetan dan kekumuhan yang ada saat ini.

Hal senada juga disampaikan Menko Perekonomian Hatta Rajasa yang menilai mewujudkan pemindahan ibukota bukan perkara yang murah dan sederhana.

"Banyak pikiran seperti itu pemindahan ibukota, jangan hanya latah karena banjir. Kita jangan anggap pikiran itu tidak baik, bagus saja, namun semua itu tidak mudah," katanya.

Ia mengatakan Jakarta sebagai ibukota diatur oleh Undang-Undang, kalau mau memindahkan ibukota pindahkan memakan waktu dan perencanaan yang panjang.

"Menurut saya yang penting adalah penataan yang baik," tegas Hatta.

(P008)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013