Kami siap memasarkan produk lokal potensial menuju pasar ekspor dengan menggandeng beberapa UKM binaan di Jawa Tengah
Purwokerto (ANTARA) - Perusahaan perdagangan berbasis di Daerah Istimewa Yogyakarta, Ienatic.co berkomitmen membantu pemasaran produk usaha kecil dan menengah (UKM) dari wilayah Jawa Tengah ke pasar global.

"Kami siap untuk memasarkan produk lokal potensial untuk menuju pasar ekspor dengan menggandeng beberapa UKM binaan di Jawa Tengah," kata Chief Executive Officer (CEO) Ienatic.co Ditta Ananto di arena Bursa Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Jateng 2023, Komplek Gelanggang Olahraga Satria Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu.

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan sejumlah UKM di Jateng yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antara Ienatic dan perwakilan UKM.

Menurut dia, penandatanganan MoU tersebut menjadi rangkaian acara pembukaan Bursa KUKM Jateng 2023, Jumat (12/5), dan disaksikan secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ia mengharapkan penandatanganan MoU tersebut menjadi gebrakan positif untuk mewujudkan "UKM Go Global".

Baca juga: Kerajinan limbah kayu asal Purbalingga bidik pasar ekspor

Baca juga: Kerajinan tas anyaman limbah plastik produksi Pati tembus pasar ekspor


"Ienatic berkomitmen untuk membantu para UKM dalam memasarkan produk komoditas dari hasil pertanian, perkebunan, serta produk kreasi seperti homedecor dan furnitur potensial dari Jawa Tengah untuk siap ekspor ke empat negara, yaitu Amerika, Selandia Baru, Korea Selatan dan Qatar dengan nilai transaksi Rp12 miliar," tegasnya.

Lebih lanjut, Ditta mengakui di Jawa Tengah banyak UKM potensial yang dapat menghasilkan produk berkualitas baik dan suplai berkepanjangan jika mereka dibina dengan program pemberdayaan yang tepat.

Oleh karena itu, kata dia, kerja sama tersebut diharapkan dapat menjadi angin segar bagi UKM di Jawa Tengah maupun seluruh Indonesia untuk siap ekspor.

"Juga siap berkolaborasi dengan semua stakeholder (pemangku kepentingan), baik itu pemerintah daerah maupun swasta," tegasnya.

Bursa KUKM 2023 yang digelar di Komplek GOR Satria, Purwokerto, 12-14 Mei 2023 dibuka Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Jumat (12/5) siang.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng Eddy Sulistyo Bramiyanto mengatakan ide penyelenggaraan kegiatan tersebut sebagai upaya percepatan peningkatan dan pengembangan kemampuan UKM menjadi usaha yang tangguh dan mandiri, serta meningkatkan peran UKM dalam pembangunan daerah melalui pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya Jawa Tengah. 

Baca juga: Pemprov Jateng gelar Bursa KUKM 2023 di Purwokerto

Baca juga: Ganjar persilakan penggantinya lanjutkan program yang dinilai bagus

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023