Hal tersebut merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk dapat menorehkan nama Gerakan Pramuka Indonesia pada lembar penyusun deklarasi
Depok (ANTARA) - Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) Faza Fahimatul ‘Ilmiyah, mewakili Gerakan Pramuka Indonesia dalam International Scout Youth Forum (ISYF) yang digelar di Hong Kong.

Dengan mengangkat tema Scouting in the Post-Pandemic World: A Redefinition, kegiatan ini bertujuan untuk dapat menghasilkan beberapa rekomendasi sebagai bahan pertimbangan National Scout Organization (NSO) dalam membuat keputusan dan strategi pemulihan kepramukaan pasca-pandemi COVID-19.

"Melalui forum ini, saya dapat melihat berbagai perspektif berbeda, bagaimana NSO di berbagai negara bertindak pada masa pandemi. Diskusi yang berlangsung akan menghasilkan output berupa youth forum declaration dan dideklarasikan pada hari terakhir," ujar Faza dalam keterangannya, Minggu.

Sebelumnya Faza mendapatkan rekomendasi dari Pembina Pramuka UI untuk mengajukan diri sebagai perwakilan Gerakan Pramuka Indonesia. Setelah melewati beberapa proses, Faza berhasil mendapatkan rekomendasi dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sebagai wakil dari Indonesia untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan ini diikuti lebih dari 40 peserta yang berasal dari Hong Kong, Malaysia, Mongolia, Jepang, Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Baca juga: Pramuka diingatkan untuk meningkatkan komunikasi internasional

Faza yang merupakan anggota aktif Pramuka UI merupakan satu-satunya peserta yang berasal dari Indonesia. Secara umum terdapat dua kegiatan yang berlangsung yaitu forum diskusi dan educational tour.

"Hal yang paling berkesan bagi saya adalah sebagai perwakilan kelompok menjadi declaration committee yang bertugas mempersiapkan isi deklarasi dari hasil diskusi kami sebelumnya. Hal tersebut merupakan sebuah kehormatan bagi saya untuk dapat menorehkan nama Gerakan Pramuka Indonesia pada lembar penyusun deklarasi," kata Faza yang juga Bendahara Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka SEKAR Kalpavriksha UI dan Racana Stri Kalpavriksha.

Pembina Pramuka UI  Retno Lestari mengatakan kegiatan ini merupakan kesempatan besar bagi Pramuka UI untuk dapat berpartisipasi dalam ISYF di Hong Kong pada 28 April hingga 1 Mei lalu.

"Melalui forum ini dapat bertukar ide dan inovasi terkait kegiatan kepramukaan pasca pandemi COVID-19 dengan berbagai negara lain. Selain itu, juga penting dalam menjalin koneksi yang akan berguna bagi Pramuka UI di kegiatan mendatang," katanya.

Baca juga: Guru Besar UI: Gerakan pramuka efektif untuk bentuk karakter positif

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023