Jakarta (ANTARA News) - Garuda Kukar Bandung menyisakan satu laga terakhir menuju catatan sapu bersih di seri kedua Liga Bola Basket Nasional (NBL) usai mengalahkan Tonga BSC Jakarta 65-47.

Pertandingan yang berlangsung pada Jumat di Gedung Basket Hall A Senayan Jakarta tersebut menjadi kemenangan keempat mereka dari empat pertandingan seri kedua, atau ketujuh sepanjang musim 2012-2013.

Pemain debutan dari Garuda untuk musim ini, Surliyadin, menjadi pencetak poin terbanyak mereka dalam pertandingan tersebut dengan mengemas 12 angka.

Meski demikian, pemain Tonga Richardo Orlando Uneputty menjadi pencetak poin terbanyak secara keseluruhan dengan perolehan sebanyak 13 angka.

Walaupun tak mampu mencapai perolehan poin `double digit`, pemain debutan lain untuk Garuda, Diftha Pratama yang sempat mengaku mulai "enjoy" dengan permainan timnya juga ikut mempertontonkan penampilan apik kali ini.

Ia mencatatkan perolehan poin sebanyak sembilan angka dan berhasil memimpin empat kali "turn over" atau yang terbanyak bagi Garuda.

Garuda kembali menempati peringkat keempat dengan perolehan 17 poin dari tujuh kemenangan dan tiga kekalahan.

Kekalahan dari Garuda semakin memperburuk catatan Tonga yang tak pernah memenangi satu laga pun dalam lima pertandingan mereka di seri kedua NBL di Jakarta.

Meski demikian untuk sementara Tonga menanjak ke peringkat 10 dengan perolehan 12 poin, namun pasti akan tergeser mengingat juru kunci klasemen NSH GMC Riau masih memiliki satu laga. Selain itu Bimasakti juga masih memiliki dua laga sisa untuk mengejar selisih poin dari Tonga.

Pada kuarter pertama Garuda terlihat masih lengah terutama dalam hal akurasi tembakan membuat mereka menutup 10 menit awal dengan ketertinggalan tipis 1 angka dari Tonga.

Tonga melalui Andri Hermawan yang memperoleh lima angka, memimpin di kuarter pertama dengan kedudukan 15-14.

Memasuki kuarter kedua, Garuda segera menambah daya gedor mereka dengan memasukkan Surliyadin yang sukses membukukan tujuh poin selama delapan menit ia berada di lapangan.

Garuda berhasil mengejar selisih satu poin dan bahkan membalikkan keadaan dengan unggul 13 poin di akhir kuarter kedua.

Kuarter kedua ditutup dengan kedudukan sementara Garuda unggul 37-24 atas Tonga.

Garuda semakin menjauh dari kejaran Tonga pada kuarter ketiga. Mereka berhasil menyudahi kuarter ketiga dengan sumbangan poin dari trio Diftha Pratama, Christ Gideon dan Chandistira Pratama.

Kuarter ketiga berakhir dengan keberhasilan Garuda menambah jarak keunggulan menjadi 58-36.

Pada kuarter keempat, Garuda mulai menurunkan tensi dan lebih banyak membenahi pertahanan mereka. Meski demikian mereka masih mampu menjaga jarak keunggulan dari Tonga.

Bahkan Tonga sebetulnya unggul secara perolehan poin di kuarter ketiga saja, dengan kedudukan 11-7.

Namun, Garuda tetap keluar sebagai pemenang dari pertandingan yang berkesudahan dalam skor akhir 65-47 tersebut.

Sebelumnya dalam pertandingan lain, pemuncak klasemen sementara Dell Aspac Jakarta berhasil mengamankan rekor belum terkalahkan sepanjang 10 pertandingan musim ini setelah menuntaskan perlawanan NSH GMC Riau 68-52.

Sementara itu, Stadium Jakarta menutup jadwal seri kedua mereka dengan kemenangan 76-60 atas Pacific Caesar Surabaya.

Pada pertandingan selanjutnya sekaligus laga terakhir mereka di seri kedua NBL, Garuda akan menghadapi Hangtuah Sumatera Selatan Indonesia Muda pada Minggu (20/1).

(G006/D011)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013