Kami berharap ia dapat kembali pada Juli."
Manchester (ANTARA News) - Alex Ferguson yakin Darren Fletcher akan kembali bermain untuk memainkan peran penting bagi Manchester United, meski belum lama ini pemain itu menjalani operasi untuk mengatasi masalah usus yang mengancam karirnya.

Kapten Skotlandia 28 tahun itu akan absen sampai akhir musim menyusul operasi yang dilakukan untuk mengurangi radang usus besar yang telah mengganggunya selama dua tahun terakhir.

Manajer United Ferguson mengungkapkan pada Jumat bahwa kondisi Fletcher dapat semakin memburuk, namun ia berharap gelandang itu dapat terus berjuang melawan penyakitnya agar ia dapat kembali bermain menjelang musim 2013/2014.

"Bagaimanapun ini adalah sesuatu yang kami pikir akan terjadi (pada suatu fase)," kata Ferguson. "Ia berusaha mengeluarkan kemampuan terbaik untuk mengatasi kondisi ini dengan perawatan-perawatan yang ia gunakan, namun dalam beberapa pekan terakhir (penyakit) itu kembali datang."

"Mudah-mudahan operasi ini menyelesaikan situasi perihal karirnya di permainan, dan kami berharap ia dapat kembali pada Juli."

"Ini merupakan pukulan bagi anak itu, namun ia telah berurusan dengan kondisi itu dalam beberapa tahun, maka ini hanyalah satu tahap maju dari sesuatu yang penting - pertama-tama, kesehatannya dan kedua, karirnya."

"Ia akan memerlukan waktu untuk memulihkan diri, itu akan sedikit memakan waktu. Namun ia adalah karakter yang fantastis, pemuda yang benar-benar brilian, dan ia akan melakukan yang terbaiknya - ia selalu melakukannya."

Fletcher berjuang untuk dapat bermain meski mengidap penyakit, yang tiba-tiba terungkap pada Desember 2011 setelah klub sebelumnya menyebutkan dirinya diserang virus misterius sebagai alasan saat ia absen.

Ia kembali ke tim pertama United pada September setelah absen selama sepuluh bulan, namun pada November terungkap bahwa ia masih mengalami masalah kesehatan.

Meski demikian, gelandang ini mampu tampil pada 13 pertandingan musim ini, terakhir kali ia tampil sebagai pemain pengganti ketika United menang 4-3 atas Newcastle United pada 26 Desember.

Ferguson, yang selalu merasa bahwa skorsing yang membuat Fletcher pada final Liga Champions 2009 sebagai hal penting bagi kemenangan Barcelona, menginginkan sang pemain lebih banyak memainkan peran sebagai gelandang penahan bola saat Fletcher kembali bermain.

"Saya merasa ia perlu mengubah permainannya," papar manajer United ini. "Ketika ia memainkan beberapa pertandingan musim ini, ia bukan lagi Darren Fletcher dari tiga atau empat tahun silam."

"Kami mulai menggunakan dia di depan empat bek, yang ia lakukan dengan sangat baik, dan itu dapat menjadi peran nyata dia pada masa yang akan datang."

"Beberapa penampilannya sangat bagus. Maka saya yakin ketika ia kembali - dan tentu saja ia akan melakukannya - itu akan menjadi peran yang berbeda."

Sementara itu, Ferguson menyampaikan simpatinya kepada Nigel Adkins, yang baru saja dipecat oleh Southampton pada Jumat.

Klub pessisir Selatan itu mampu bangkit, menjauhi zona degradasi dan mendapatkan poin yang tidak diduga saat bermain imbang 2-2 dengan juara Eropa Chelsea di Stamford Bridge pada Rabu.

Ferguson, manajer terlama di Liga Utama Inggris yang tiba di old Trafford pada 1986, dikutip AFP berkata, "Ini adalah dunia yang gila. Saya sulit mempercayainya."

"Ia (Adkins) memiliki hasil hebat di (markas) Chelsea setelah tertinggal 0-2. Namun tidak ada gunanya berkata saya terkejut. Hal-hal aneh terjadi di sepak bola, namun ini terlihat kurang adil."

(H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013