Peningkatan besar (data China) dari tahun ke tahun seharusnya tidak mengejutkan mengingat hal itu diukur terhadap ekonomi stagnan yang terkunci
Sydney (ANTARA) - Saham Asia naik tipis di tengah perdagangan hati-hati pada Senin, karena investor menunggu rilis data industri dan ritel China, sambil menunggu pembicaraan sejumlah pejabat Federal Reserve AS tentang perkiraan pasar untuk penurunan suku bunga tahun ini.

Indeks MSCI dari saham Asia-Pasifik di luar Jepang membalikkan penurunan awal menjadi menguat 0,5 persen, didorong oleh rebound terlambat di saham China dan Hong Kong setelah aksi jual tajam minggu sebelumnya.

Indeks Hang Seng Hong Kong ditutup naik 1,76 persen, indeks saham unggulan China CSI 300 berakhir bertambah 1,55 persen dan indeks komposit Shanghai menguat 1,17 persen. Nikkei Jepang ditutup terangkat 0,81 persen didukung optimisme minggu lalu selama musim laporan keuangan emiten.

Optimisme yang dijaga akan meluas ke Eropa ketika pasar dibuka, dengan pan-region Euro Stoxx 50 berjangka naik 0,2 persen. Sementara itu, S&P 500 berjangka dan Nasdaq berjangka sebagian besar datar.

Di pasar negara berkembang, lira Turki menyentuh level terendah dua bulan setelah pemilihan presiden akhir pekan tampaknya menuju putaran kedua, sementara baht Thailand menguat hampir satu persen setelah oposisi Thailand mengalahkan partai-partai sekutu militer juga dalam pemilu akhir pekan.

Bank sentral China pada Senin mempertahankan kebijakan suku bunga pinjaman jangka menengah tetap stabil, meskipun ekspektasi meningkat bahwa pelonggaran kebijakan moneter mungkin tidak dapat dihindari dalam beberapa bulan mendatang untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Hong Kong Exchanges & Clearing Ltd (HKEX) pada Senin menambahkan skema Connect baru yang menghubungkan pasar di pusat keuangan dengan daratan dengan berekspansi ke derivatif suku bunga dalam negeri untuk membantu investor luar negeri dalam obligasi China melakukan lindung nilai terhadap eksposur mereka.

China akan melaporkan produksi industri bulanan, penjualan ritel, dan data investasi aset tetap pada Selasa (16/5/2023).

"Peningkatan besar (data China) dari tahun ke tahun seharusnya tidak mengejutkan mengingat hal itu diukur terhadap ekonomi stagnan yang terkunci," kata Chris Weston, kepala penelitian di Pepperstone, dikutip dari Reuters.

"Namun, dengan data China yang memunculkan beberapa kekhawatiran akhir-akhir ini - kami telah melihat data impor, IHP, dan pinjaman yang buruk - pertumbuhan China sangat menjadi jantung pergerakan pasar," kata Weston.

Juga minggu ini, sejumlah pejabat Federal Reserve akan berbicara, dengan Ketua Jerome Powell ditetapkan untuk Jumat (19/5/2023) dan dapat menghasilkan banyak berita utama untuk melanjutkan pembicaraan.

Pedagang saat ini menempatkan peluang suku bunga Fed stabil di 17,7 persen, naik dari 8,5 persen seminggu yang lalu, setelah sebuah laporan pada Jumat (12/5/2023) menunjukkan ekspektasi inflasi jangka panjang AS melonjak ke level tertinggi sejak 2011, meningkatkan dolar dan imbal hasil obligasi pemerintah.

Namun, taruhan masih pada pemotongan sebanyak tiga perempat poin pada akhir tahun, setelah data IHK dan IHP mendukung kasus penghentian Fed, mengingat inflasi yang melambat.

Gubernur Fed Michelle Bowman mengatakan pada Jumat (12/5/2023) bahwa bank sentral AS mungkin perlu menaikkan suku bunga lebih lanjut jika inflasi tetap tinggi.

"Sementara kami berpikir bias arahnya benar, yaitu pemotongan adalah langkah selanjutnya daripada kenaikan, sekarang mungkin diperlukan pelunakan dalam pertumbuhan global atau pertumbuhan yang melemah tajam untuk bahkan memenuhi perkiraan pasar saat ini, atau memicu perkiraan kembali dovish lebih lanjut," kata John Briggs, kepala ekonomi global di NatWest Markets.

Kekhawatiran pertumbuhan, ditambah dengan kekhawatiran plafon utang AS dan kekhawatiran perbankan yang berkepanjangan, telah mendukung mata uang safe-haven dolar karena melayang di sekitar tertinggi lima minggu terhadap mata uang utama lainnya pada Senin, memperpanjang kenaikan mingguan terbaiknya sejak September.

Indeks dolar terakhir di 102,64, setelah melonjak 1,4 persen minggu lalu.

Presiden AS Joe Biden berharap untuk bertemu dengan para pemimpin Kongres pada Selasa (16/5/2023) untuk pembicaraan guna menaikkan batas utang negara dan menghindari bencana gagal bayar, dengan mengatakan bahwa pembicaraan terus berjalan.

Kekhawatiran tentang Kongres AS yang tidak menaikkan pagu utang tepat waktu telah menciptakan distorsi besar dalam kurva imbal hasil jangka pendek karena investor menghindari tagihan yang jatuh tempo ketika Departemen Keuangan berisiko kehabisan dana.

Baca juga: Saham Eropa naik, investor cerna situasi politik dan data ekonomi
Baca juga: Saham-saham China dibuka beragam, indeks Shanghai tergerus 0,08 persen
Baca juga: Saham Asia dibuka melemah, bersiap untuk keputusan suku bunga China

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023