Boyolali (ANTARA) - Pengelola Asrama Haji Donohudan di wilayah Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, sudah menyiapkan sarana dan prasarana termasuk empat gedung yang akan digunakan menyambut jamaah calon haji asal Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang dimulai pada tanggal 23 Mei 2023.

Empat gedung di asrama haji tersebut untuk penginapan jamaah calon haji di gedung Madinah dan Mekah, kata Pelaksana Tugas Kepala Pengelola Asrama Haji Donohudan Dyah Srimawarti di Boyolali, Senin.

Selain itu, gedung Jedah untuk penerimaan kedatangan calon haji dan gedung Muzdalifah untuk persiapan pemberangkatan jamaah calon haji menuju Bandara Adi Soemarmo untuk diterbangkan ke Tanah Suci.

"Alhamdulillah, sudah tahap sekitar 80 persen baik untuk gedung yang digunakan baik penginapan, kedatangan maupun keberangkatan jamaah calon haji," kata Dyah.

Dia menyampaikan gedung Mekkah ada tiga lantai untuk secara keseluruhan menyediakan tempat tidur sekitar 1.155 bet kemudian untuk gedung Madinah ada 770 bed.

Baca juga: Pengelola Asrama Haji Donohudan Boyolali bersiap menyambut jamaah haji

Baca juga: Jamaah calon haji asal Pati tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali


Pihaknya persiapan sudah sekitar 100 persen diperkirakan hingga pada tanggal 21 Mei mendatang. Beberapa Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta dari Kemenag dari panitia unsur terkait lain sudah mulai masuk asrama haji.

Hal ini, otomatis kami pada tanggal 20 Mei sudah harus menyiapkan seluruh sarana dan prasarana yang ada," katanya.

Menyinggung soal tenaga musiman haji kebetulan, kata dia, pihaknya telah memanggil untuk wawancara pada Senin ini.

Jadi jumlah pelamar sekitar 250 orang lebih sedangkan yang dibutuhkan hanya 200 orang jadi dari hasil wawancara ini, nanti ada yang eliminasi dan tidak ikut dalam pelayanan haji.

Menyinggung soal gedung yang dulunya digunakan untuk rumah sakit darurat COVID-19, gedung Madinah, tetapi karena sudah di non aktifkan gedung itu, bisa digunakan untuk pelayanan haji termasuk gedung Madinah lantai 1 bisa digunakan untuk panitia PPIH dari daerah.

Dia mengatakan mengenai jumlah jamaah calon haji dari Jateng dan DIY tahun ini, pihaknya untuk pastinya belum dapat jadwal dari Kemenag hanya diperkirakan per hari itu, memberangkatkan sekitar empat hingga 5 kloter.

"Jadi kami sangat sibuk sekali penyelenggaraan ibadah haji tahun ini, karena memang pemerintah sudah menyampaikan bahwa pelayanan haji di 2023 adalah pelayanan haji untuk ramah lansia sehingga ini nanti harus memprioritaskan lansia-lansia yang diberangkatkan melalui asrama Donohudan di Embarkasi Surakarta," katanya.

Sarpras untuk lansia dan disabilitas sudah disiapkan semua, termasuk jalur kursi roda untuk disabilitas dan lansia yang dibantu Satgas PPIH bisa diantar kemana-mana saat di lingkungan asrama. 

Baca juga: Menko Marves Luhut tinjau isoter Asrama Haji Donohudan Boyolali


 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023