jaga kesehatan karena kondisi cuaca di Arab Saudi sedang panas-panasnya
Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandarlampung mengatakan bahwa kelompok terbang (kloter) pertama jamaah calon haji (JCH) asal kota ini akan berangkat pada 27 Mei 2023 mendatang.

"Keberangkatan pertama JCH Bandarlampung dijadwalkan berangkat pada 27 Mei 2023, dan akan ada 385 JCH asal kota ini dalam satu kloter," kata Kepala Kantor Kemenag Bandarlampung Makmur, Selasa.

Ia mengatakan pada musim haji ini, direncanakan akan ada lima kloter yang dibentuk oleh Kemenag Bandarlampung untuk para JCH asal kota ini.

"Keberangkatan kloter akan dilakukan secara bergilir sebagaimana jadwalnya," kata dia.

Baca juga: Kemenag: 6.785 calon haji Lampung telah lunasi BIPIH
Baca juga: Kemenag: 66 calon haji reguler Mataram belum lunasi Bipih


Makmur juga mengatakan hingga kini sudah 1.303 JCH yang melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BIPIH) dari 1.629 total kuota JCH Bandarlampung.

"Jumlah JCH yang melunasi BIPIH kemungkinan akan bertambah sebab pemerintah pusat memberikan waktu tambahan kembali untuk pelunasan BIPIH sampai 19 Mei 2023," kata dia.

Ia mengatakan untuk persiapan ibadah haji, saat ini para JCH yang telah melunasi BIPIH sedang melakukan manasik haji di Aula Masjid Agung Al-Furqon yang akan dilakukan selama dua hari hingga, Rabu (17/5).

"Nanti setelah dari Al-Furqon akan dilakukan bimbingan secara kelompok di tingkat kecamatan yang akan dilakukan 18 hingga 25 Mei, yang akan dilaksanakan di 12 KUA di kota ini sesuai dengan domisili JCH masing-masing," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana meminta kepada JCH yang akan berangkat menunaikan ibadah haji menjaga kesehatannya.

"Jaga kesehatan karena kondisi cuaca di Arab Saudi sedang panas-panasnya. Kemudian ikuti aturan dari petugas, kalau semua mengikuti, para jemaah dapat kembali ke Tanah Air dalam keadaan sehat," kata dia.

Baca juga: Penerbangan haji 2023 dari Bandara Kertajati dimulai pada 28 Mei
Baca juga: Kalsel tambah 20 persen kuota calhaj cadangan untuk lunasi biaya haji
Baca juga: Bimbingan manasik haji dimulai, diikuti 638 calon haji Pontianak

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023