berupaya untuk dapat menghasilkan anak-anak berprestasi di bidang matematika dan IPA
Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah bersama Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Setjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) 2023.

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya Aprae Vico Ranan di Palangka Raya, Selasa mengatakan para peserta yang mengikuti OSN tersebut sebanyak 226 peserta didik tingkat SMP yang dipusatkan di SMP Negeri 2 Palangka Raya.

"Dari 226 peserta didik yang berasal dari 25 satuan pendidikan jenjang SMP/MTs, dengan rincian peserta terdiri dari 79 bidang studi IPA, 70 peserta bidang studi matematika dan 77 peserta bidang studi IPS," katanya.

Vico menuturkan, dalam pelaksanaan lomba semua para peserta diharuskan mendownload aplikasi OSN yang telah disediakan pusat di perangkat android masing-masing.

Untuk waktu pengerjaan soal 60 menit, dimulai dari Pukul 08.00-10.30 WIB. Dalam pelaksanaannya juga berjalan lancar tanpa ada hambatan apapun, bahkan para peserta menjawab soal yang telah disediakan dengan nyaman.

"Kegiatan ini juga dipantau oleh Kepala Bidang Pembinaan SMP Muhammad Aswani beserta dipantau oleh para guru-guru yang bertugas dalam kegiatan tersebut," ucapnya.

Baca juga: Pembelajaran fisika eksperimen masih banyak keliru, sebut pembina OSN
Baca juga: Kemendikbudristek selenggarakan OSN 2022


Ditegaskan Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, bahwa dalam kegiatan tersebut Disdik setempat terus komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya melaksanakan kegiatan tersebut.

Kemudian juga termasuk mendukung dan mensukseskan visi dan misi Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dalam mewujudkan kota cerdas atau smart city, sekaligus upaya dan mensinergikan kemajuan kota melalui lingkungan cerdas atau smart environment.

"Bahkan dapat mewujudkan kerukunan seluruh elemen masyarakat smart society (Masyarakat Cerdas), mewujudkan kesejahteraan masyarakat kota dan masyarakat daerah pinggiran melalui smart economy (Ekonomi Cerdas). Terwujudnya Kota Palangka Raya menjadi kota yang maju, rukun dan sejahtera untuk semua," ungkapnya.

Ditambahkan Vico, sebelumnya Disdik setempat juga sudah melaksanakan kegiatan serupa pada tingkat sekolah dasar (SD). Seleksi tingkat Kota Palangka Raya tersebut nantinya akan memilih beberapa siswa orang peserta untuk mewakili daerah setempat, pada OSN tingkat provinsi.

Selanjutnya peserta yang lolos OSN tingkat kota untuk setiap bidang lomba akan ditetapkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan surat keputusan Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

"Program ini dalam rangka meningkatkan prestasi peserta didik di bidang sains, sehingga berupaya untuk dapat menghasilkan anak-anak berprestasi di bidang matematika dan IPA sehingga mampu berdaya saing nasional maupun global," demikian Vico.

Baca juga: Berawal dari mainan kalkulator, jadi juara olimpiade
Baca juga: Mendikbud: Tidak ada negara maju tanpa didukung saintis andal
Baca juga: Kemendikbud: OSN untuk pemerataan kualitas pendidikan

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023