semoga anak didik ini menjadi pelopor kesehatan di sekolah
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - PT Lippo Cikarang (Persero) Tbk menggandeng Puskesmas Cibatu turut menyukseskan program dokter kecil melalui kegiatan pelatihan hingga lomba antar sekolah dasar yang dipusatkan di Ruang California, Gedung Maxxbox, Lippo Cikarang.

Camat Cikarang Selatan Muhammad Said yang membuka kegiatan mengatakan acara ini bagian dari pembinaan sejak usia dini agar kelak menjadi pelopor dan dapat memelihara serta meningkatkan kesehatan bagi diri sendiri, teman, keluarga, maupun lingkungan.

"Kegiatan ini sangat positif sekaligus patut didukung. Semoga anak didik ini menjadi pelopor kesehatan di sekolah masing-masing dan semoga di masa depan menjadi 'dokter beneran' yang melayani masyarakat," katanya di Cikarang, Selasa.

Said juga mengapresiasi PT Lippo Cikarang atas dukungan terhadap program ini melalui dana tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan sekaligus berharap ke depan kegiatan bermanfaat serupa bisa dilaksanakan secara lebih intensif.

"Terima kasih kepada manajemen Lippo Cikarang yang setiap tahun berkolaborasi mengadakan program dokter kecil ini sehingga dapat mengantarkan siswa-siswi berbakat menuju tahap selanjutnya," ucap dia.

Dokter Puskesmas Cibatu Sukmawaty Saleh mengatakan program dokter kecil ini merupakan lomba jenjang pertama yang dilaksanakan di lingkup kerja Puskesmas.

"Dari puluhan peserta ini disaring menjadi tiga besar dan akan mewakili ke tingkat selanjutnya. Peserta adalah perwakilan dari setiap sekolah di Kecamatan Cikarang Selatan," katanya.

Baca juga: 60 siswa se-Indonesia jadi peserta dokter cilik
Baca juga: Dokter kecil penggerak hidup bersih dan sehat


Lomba dokter kecil ini dilaksanakan selama dua hari, diikuti 20 peserta yang mewakili masing-masing sekolah dasar. Di hari pertama lomba, peserta diberikan simulasi tes serta materi oleh tim dokter dari Puskesmas Cikarang Selatan.

Kemudian pada hari kedua peserta menerima tiga materi terakhir dan dilanjutkan dengan tes tertulis serta ujian praktikum yang dilakukan untuk menguji peserta dalam lomba ini.

"Ujian akhir yang menentukan tiga besar juara dari lomba dokter kecil ini dan akan masuk ke lomba tingkat selanjutnya," katanya.
​​​​​
​​​​​Head of Public Relations PT Lippo Cikarang Tbk Jeffrey Rawis menyampaikan rasa bangga kepada semua pihak yang ikut serta ambil bagian dalam kegiatan ini.

"Manajemen bangga ketika banyak pihak mau berkolaborasi melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan. Salah satunya kegiatan ini yang membantu anak didik mendapatkan ilmu baru selain yang mereka peroleh dari sekolah," katanya.

"Kegiatan ini juga sekaligus untuk menemukan bakat anak sejak dini sehingga mereka tahu kemampuan yang dimiliki," imbuh dia.

Baca juga: Dinkes DKI: Libatkan siswa dalam ciptakan kantin sehat di sekolah
Baca juga: SDIT Pangkal Pinang raih juara dokter kecil

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023