namun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan (Mendag), Gita Wiryawan, mengatakan bahwa akibat banjir besar yang melanda Jakarta menyebabkan kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok, namun secara garis besar harga-harga masih stabil.

"Harga-harga saya lihat masih stabil, namun ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan," kata Gita, di Jakarta, Senin.

Gita mengatakan, beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga antara lain adalah cabai, telur ayam, daging ayam, dan bawang putih.

"Namun secara umum, untuk harga yang lain masih cenderung stabil, akan tetapi apabila banjir terus terjadi, tentunya akan berpengaruh terhadap harga kebutuhan pokok yang lainnya," tambah Gita.

Gita menambahkan, tidak ada langkah yang diambil oleh Kementerian Perdagangan secara spesifik terkait kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok tersebut.

Banjir yang melanda Jakarta beberapa waktu lalu mengakibatkan harga komoditas cabai merah, cabai merah keriting, cabai rawit merah besar, dan buah di Pasar Induk Kramatjati, Jakarta Timur, meroket.

Harga cabai seperti cabai merah naik dari Rp25 ribu jadi Rp 35 ribu per kilogram (kg), bawang merah dari Rp20 ribu sekarang Rp25 ribu per kg, cabai merah besar melonjak dari Rp30 ribu ke Rp45 ribu per kg,

Sementara harga buah, seperti jeruk siam dari Rp13 ribu naik menjadi Rp15 ribu per kilogram, apel malang dari Rp12 ribu menjadi Rp14 ribu per kilogram, melon dari Rp7.000 menjadi Rp7.500 per kilogram, dan manggis dari Rp 10 ribu menjadi Rp 12 ribu per kilogram.



(V003)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013