"Pos gabungan bersama itu sebagai bentuk kerjasama bilateral Indonesia-Malaysia di bidang hukum Internasional dan keamanan perbatasan untuk saling menjaga dan menghormati wilayah hukum masing-masing negara,"
Kapuas Hulu (ANTARA) - Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Negara Malaysia terus meningkatkan kerjasama bilateral keamanan di sepanjang perbatasan dengan yang ditandai dengan peresmian pos gabungan antara Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dan Tentara Diraja Malaysia (TDM).

"Pos gabungan bersama itu sebagai bentuk kerjasama bilateral Indonesia-Malaysia di bidang hukum Internasional dan keamanan perbatasan untuk saling menjaga dan menghormati wilayah hukum masing-masing negara," kata Dankolakops Korem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatmiko, usai peresmian pos gabungan di Serikin Bau Sarawak Malaysia, Selasa.

Diketahui, pos gabungan bersama (Gambam) TNI AD dan TDM berada di Tamajuk Sambas Kalimantan Barat Indonesia dan di Serikin Bau Sarawak Malaysia diresmikan oleh Danrem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatmiko bersama Panglima 3 Briged TDM Brig Jen Mohd Kamil Bin Haji Abdul Latief.

Disampaikan Jatmiko, dengan adanya pos gabungan di sepanjang garis perbatasan Indonesia-Malaysia itu dapat meningkatkan persahabatan kedua negara dengan berbagai kegiatan secara bersama-sama dalam menjaga keamanan daerah perbatasan.

Dia mengatakan ada beberapa rangkaian kegiatan diantaranya yaitu patroli terkoordinasi atau patroli bersama dengan tujuan untuk meminimalisir potensi pelanggaran hukum dan perselisihan lintas batas dari dampak yang ada di perbatasan.

Menurutnya, sampai saat ini hubungan antara Indonesia dan Malaysia khususnya di daerah perbatasan cukup baik, prajurit TNI melalui Satgas Pamtas bersama TDM saling mempererat hubungan dan sinergisitas dalam menjaga daerah perbatasan.

"Hubungan kita dengan Malaysia sangat baik, kita sama-sama berkomitmen untuk menjaga keamanan daerah perbatasan," katanya.

Dia berharap dengan diresmikannya pos gabungan bersama TNI AD dan TDM tersebut dapat terus meningkatkan kerjasama hubungan bilateral kedua negara.

Dalam kegiatan peresmian pos gabungan tersebut dihadiri juga oleh Kasiintel Kasrem 121/Abw Kolonel Inf Jhonson Mangasitua Sitorus, Kasiter Kasrem 121/Abw Kolonel Inf Mordechai Triyandono, Dandim 1206/Psb Letkol Inf Sri Widodo, Dandim 1208/Sbs Letkol Inf Dadang Armada Sari yang mendampingi Dankolakops Korem 121/Abw Brigjen TNI Pribadi Jatmiko.
 
Peresmian pos gabungan bersama TNI AD dan TDM di Serikin Bau Serawak Malaysia sebagai wujud hubungan baik antara Indonesia dan Malaysia untuk menjaga keamanan daerah perbatasan. ANTARA/HO-Penrem 121/ABW (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023