Denpasar (ANTARA) -
PT PLN (Persero) mencatat jumlah transaksi penjualan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Rumah BUMN Denpasar melalui program Hari Belanja Nasional (Harbelnas) PLN mencapai Rp27,7 juta.

Pengelola Rumah BUMN Denpasar I Made Abdi Negara di Denpasar, Bali, Rabu mengatakan program Harbelnas PLN yang diselenggarakan sejak 1 Mei 2023 dapat meningkatkan animo masyarakat dalam berbelanja produk-produk UMKM melalui fitur marketplace PLN Mobile.

“Beberapa UMKM  mengaku mampu bertransaksi total Rp4 juta hingga Rp10 juta khususnya usaha-usaha yang bergerak di bidang makanan olahan, sepatu dan tas berbahan ecoprint,” kata dia.

Made berharap program tersebut dapat semakin digaungkan agar masyarakat semakin tergugah untuk memilih produk-produk lokal Bali yang secara kualitas tak kalah dibandingkan dengan produk UMKM dari daerah lainnya.

Sementara itu, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali I Wayan Udayana menjelaskan program Harbelnas PLN ini merupakan program yang diusung dengan memberikan keringanan biaya tambah daya bagi pelanggan yang telah melakukan transaksi pembelian produk-produk di fitur marketplace PLN Mobile.

“Cukup dengan membeli produk senilai Rp125.000, pelanggan bisa memperoleh diskon tambah daya hanya dengan membayar Rp250.000,” katanya.

Udayana mengatakan bagi pelanggan yang ingin naik daya hingga 5.500 volt ampere (VA) untuk golongan tarif rumah tangga, bisnis kecil ataupun industri kecil akan dikenakan biaya yang sama.

“Per tanggal 16 Mei, tercatat baru 435 pelanggan yang memanfaatkan program ini, dengan pelanggan terbanyak berasal dari seputaran Mengwi, Kuta, dan Sanur,” katanya.

Udayana berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya sebelum program berakhir pada 31 Mei 2023 mendatang.

“Semoga melalui program ini masyarakat dapat berpartisipasi meningkatkan perekonomian dengan turut serta bertransaksi membeli dan menggunakan produk-produk lokal melalui marketplace PLN Mobile,” katanya.

Sebab, menurut Udayana, program bertajuk Hari Belanja Nasional (Harbelnas) PLN ini direncanakan mampu memacu peningkatan kapasitas UMKM yang ada di Bali.

Baca juga: Staf Menteri BUMN ajak pelaku UMKM milenial kembangkan produk unggulan
Baca juga: Menteri BUMN bantu mesin autoklaf untuk UMKM di Denpasar
Baca juga: PLN siapkan voucher tambah daya pada Hari Belanja Nasional 2023

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023