Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta generasi muda untuk meneladani semangat perjuangan Thomas Matulessy yang berjuluk Kapitan Pattimura pada tahun 1817 dalam membangun negerinya.

Hal ini disampaikan Bamsoet saat menyalakan Obor Kapitan Pattimura dalam Peringatan HUT Ke-206 Pahlawan Nasional Kapitan Pattimura. Adapun setiap tanggal 15 Mei diperingati untuk mengenang jasa Pahlawan Maluku Kapitan Pattimura yang berjuang melawan dan mengusir penjajah dari bumi Maluku.

"Perayaan ini biasanya ditandai dengan obor yang berfungsi untuk membakar semangat perjuangan Kapitan Pattimura, termasuk untuk mengingatkan kembali kepada generasi muda akan semangat dan heroisme Kapitan Pattimura bersama para pejuang lainnya dalam mengusir penjajah di Maluku," ujar Bamsoet dalam keterangan resminya,di Jakarta,  Rabu.

Ia menjelaskan bahwa Kapitan Pattimura melakukan musyawarah besar di Gunung Saniri di Negeri Tuhaha pada tanggal 14 Mei 1817. Musyawarah besar diikuti semua kapitan dari Pulau Ambon, Seram, Saparua, Haruku, dan Nusalaut guna menyusun strategi mengusir Belanda dari Maluku.

Baca juga: Ketua MPR: Pendidikan akhlak tangkal pengaruh negatif di dunia maya
Baca juga: Bamsoet: Penguatan MPR RI penting untuk antisipasi kedaruratan politik


"Setiap tahun peristiwa tersebut diperingati dengan membawa Obor Pattimura dari Pulau Saparua menyeberangi lautan menuju Pulau Ambon. Selanjutnya, diarak sepanjang 25 kilometer menuju Kota Ambon. Prosesi diawali dengan Pembakaran Api Obor Pattimura secara alam di Puncak Gunung Saniri," tambahnya.

Tidak hanya itu, dia menceritakan sosok Kapitan Pattimura sebagai pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari Haria, Saparua, Maluku. Kapitan Pattimura lahir di Saparua pada tanggal 8 Juni 1783 dengan nama asli Thomas Matulessy.

Orang tua Kapitan Pattimura adalah Frans Matulessia dan Fransina Tilahoi. Dia memiliki seorang adik laki-laki bernama Yohanis.

"Nilai-nilai dan semangat juang Kapitan Pattimura harus diikuti dan diteladani oleh generasi muda bangsa. Semangat juang dan patriotisme Kapitan Pattimura adalah kekuatan untuk meraih kemenangan. Jadikan semangat juang Kapitan Pattimura sebagai semangat dalam membangun bangsa dan negara Indonesia ke depan," tutupnya.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023