kami masih melakukan penyisiran dan pendataan
Belitung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat sebanyak 16 rumah yang berada di Desa Air Raya dan Desa Air Ketekok mengalami kerusakan akibat terjangan angin puting beliung.

"Jumlah rumah warga yang rusak akibat bencana angin puting beliung terdata sebanyak ada 16 rumah tersebar di dua desa, sebagian besar rusak kategori ringan dan sedang," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Belitung, Agus Supriadi di Tanjung Pandan, Rabu.

Bencana alam angin puting beliung tersebut terjadi pada, Rabu (17/5) pukul 14.00 WIB.

Menurut dia, saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Belitung sedang melakukan pendataan terhadap rumah warga yang terdampak peristiwa angin puting beliung tersebut.

"Kami masih melakukan penyisiran dan pendataan terhadap rumah warga yang terdampak dan mengalami kerusakan," ujarnya.

Baca juga: Polman Babel alami kerugian puluhan juta akibat puting beliung
Baca juga: Angin kencang terjang sejumlah rumah di Babel


Dikatakan Agus, adapun wilayah terdampak akibat terjangan angin puting beliung tersebut yakni Desa Air Raya dan Desa Air Ketekok.

"Sementara wilayah yang paling banyak terdampak terjangan angin puting beliung tadi adalah Desa Air Raya salah satunya di Jalan Serma Abdulah," ujarnya.

Ia menambahkan, selain melakukan pendataan, TRC BPBD Belitung juga membantu warga memperbaiki atap rumah yang rusak akibat peristiwa tersebut.

"Di satu titik atau di rumah warga kami tinggalkan petugas sebanyak tiga orang guna membantu melakukan evakuasi dan perbaikan rumah atap rumah warga yang rusak," katanya.

Meskipun tidak mengakibatkan korban jiwa, tetapi peristiwa tersebut merugikan materiil ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

"Saya mengingatkan warga yang berada di daerah rawan bencana untuk tetap waspada karena bencana alam dapat terjadi kapan saja tanpa diketahui sebelumnya," ujar dia.

Baca juga: Angin puting beliung rusak 33 rumah dan gudang di pesisir Tanjabtim
Baca juga: BPBD: Angin puting beliung landa Desa Gomuo Banggai, Sulteng
Baca juga: Empat warga Sumba Barat Daya di NTT meninggal akibat puting beliung

Pewarta: Kasmono
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023