Makassar (ANTARA) - Wakil Bupati Selayar, Sulawesi Selatan Saiful Arif mengantar langsung tim dari Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) yang membawa bantuan Rp500 juta untuk warga pulau di Kecamatan Kepulauan.

"Saya dengan senang hati mengantarkan tim karena mereka membawa bantuan yang begitu banyak dan memang dibutuhkan oleh warga di pulau," ujarnya melalui keterangannya diterima di Makassar, Rabu.

Saiful Arif mengatakan bantuan senilai Rp500 juta itu untuk warga Kecamatan Takabonerate berupa rumah dhuafa sebanyak empat unit untuk warga di Desa Latondu, serta satu warga di Kecamatan Pasimasunggu.

Bantuan lainnya berupa peralatan mandi atau toiletris sebanyak 100 paket untuk anak sekolah di Pulau Latondu, 50 paket untuk anak sekolah di Tarupa, 100 paket di Tanamalala 100 paket lainnya untuk disebar di kecamatan Pasimasunggu.

Sedang bantuan tongkat tiga unit untuk Bahrun di Tanamalala, Mappa di Latondu, dan Randi di Tarupa. Sedang bantuan Kursi roda dua unit untuk Samsuddin di Latondu dan Amar Ma'ruf di Jinato.

Sementara itu, bantuan panel surya sebanyak empat unit. Dua unit untuk Masjid Qaokabul Jannah dan pinggir pantai di Tanamalala dan dua unit lagi untuk di dermaga Tarupa.

Juga bantuan renovasi dan tempat wudhu untuk Masjid Qaokabul Jannah di Tanamalala. Selain itu juga bantuan school kit sebanyak 150 unit masing-masing 50 unit untuk anak sekolah di Tanamalala, Latondu dan Tarupa.

ada juga bantuan berupa 90 buah Mushaf Al Qur'an masing-masing 20 untuk masjid di Latondu, 20 untuk Mushalla di Tinabo, 10 untuk Masjid di Dusun Balang Balang desa Tarupa, 10 untuk masjid Dusun Tanjung Karang desa Tanamalala, 20 untuk Masjid Dusun Jailamu Desa Tanamalala dan 10 untuk Masjid Tanjung Losoro desa Tanamalala.

Selain itu, ada bantuan lain berupa 90 buah Quran Metode Iqra untuk warga Latondu 20, Tinabo 20, Balang-balang 10, Tanjung Karang 10, Jailamo 20 dan Tanjung Losoro 10.

Buku-buku agama sebanyak 210 buah, 35 untuk Masjid di Latondu, Tinabo, Balang balang, Tanjung Karang, Jailamo dan Tanjung Losoro.

Bantuan lainnya, berupa satu unit kapal untuk Desa Tanamalala yang digunakan untuk anak-anak sekolah yang belajar di Ibukota Kecamatan Pasimasunggu.

Koordinator Tim ASCF, Muhammad Yusri Yunus menambahkan, bantuan-bantuan yang sebelumnya diserahkan di daerah lainnya, jarang didampingi oleh kepala daerah.

"Biasanya, di tempat lain, nanti peresmian baru pemerintah setempat hadir dalam acara seremonial. Di sini, wakil bupatinya malah turut mengantarkan bahan-bahan bantuan kami ke semua lokasi terpilih dan bahkan ikut memberikan motivasi kepada tim dan warga serta berfoto di rumah yang akan dibenahi," katanya.

Yusri menerangkan jenis dan bentuk serta jumlah bantuan didasarkan pada data Indeks Desa Membangun (IDM) dan ditindaklanjuti dengan Survei dan melahirkan program dan kegiatan.

Yusri menambahkan, bantuan lainnya berupa sembako sebanyak 230 paket senilai Rp120.000/paket dan khitanan massal sebanyak 100 anak dari keluarga dhuafa.

Baca juga: Pesawat amfibi bakal beroperasi di Kepulauan Selayar-Sulsel

Baca juga: PLN bangun tiga PLTS di Kepulauan Selayar guna tingkatkan bauran EBT

Baca juga: Pemkab Kepulauan Selayar kuatkan program Gerbangsari

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023