Makassar (ANTARA) - Wakil Bupati Selayar, Sulsel Saiful Arif, mengapresiasi kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis kepada 100 masyarakat oleh Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) Sulawesi Selatan, 17-18 Juni 2023.

Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif melalui keterangan tertulisnya di Makassar, Sabtu, mengatakan pemerintah punya tugas untuk pembangunan, pelayanan dan pemberdayaan dengan berkolaborasi berbagai pihak, termasuk AMCF Sulsel.

“Kegiatan kemanusiaan ini adalah salah satu bentuk pelayanan pemerintah terhadap masyarakat, terkhusus yang mengalami masalah kesehatan, lebih khusus lagi pada penderita katarak,” ucapnya didampingi Kadis Kesehatan Selayar dr Husaini dan Kepala RSUD Kh Hayyung dr Hazairin Nur saat membuka kegiatan tersebut.

Sementara itu, Administrator Pusat Yayasan Kemanusiaan AMCF Sulsel Muh Yusri Wahyudi Yunus mengatakan sebelum pelaksanaan operasi katarak, telah dilakukan skrining awal kepada 133 orang peserta.

Baca juga: Wabup Selayar antar bantuan AMCF Rp500 juta untuk warga kepulauan

Baca juga: Dua warga Gowa terima bantuan rumah layak huni dari AMCF


Hasilnya tercatat ada 75 orang dinyatakan positif katarak. AMCF Sulsel juga masih terus berupaya agar bisa mencukupi kuota 100 peserta sesuai yang direncanakan

Muh Yusri menjelaskan dalam operasi katarak ini menggunakan metode phaco atau operasi tidak lagi dilaksanakan secara manual oleh tim dokter spesialis mata dari Rumah Sakit Mata Makassar.

“Sasaran, kita khususkan untuk masyarakat kurang mampu yang tidak mempunyai jaminan kesehatan seperti BPJS dan KIS. Di hari pertama ini kita akan operasi untuk 50 orang pasien,” jelasnya.

Sebagai informasi, beberapa waktu lalu, AMCF juga telah melaksanakan bakti sosial khitanan massal secara gratis di di Klinik Medizi Kecamatan Benteng Kepulauan Selayar.

Tim AMCF Sulsel juga sudah keliling pulau-pulau di Selayar hampir dua bulan, dengan program kemanusiaan seperti bantuan rumah layak huni sebanyak lima unit, bantuan kursi roda, tongkat, bantuan sembako, bantuan kapal untuk anak sekolah, dan bantuan paket sekolah.*

Baca juga: Muhammadiyah - AMCF komit bangun Pusat Pendidikan Islam ASEAN

Baca juga: UMG terima bantuan dari AMCF untuk pendidikan


Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023