Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan alumnus perguruan tinggi harus berperan aktif dalam memperkokoh persatuan dan meningkatkan kesejahteraan bangsa agar mampu menjawab berbagai tantangan.

"Memperkokoh nilai-nilai persatuan dan persaudaraan antar anak bangsa adalah salah satu upaya penting dalam menghadapi berbagai tantangan ketidakpastian dengan simpul krisis yang menyertainya," kata Lestari dalam kegiatan Bakti Sosial dan Halal bi Halal Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) wilayah Jawa Tengah, di Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis.

Salah satu kegiatan bakti sosial tersebut adalah pemeriksaan tulang gratis bagi masyarakat di kawasan Baturraden. Kegiatan itu didukung oleh ILUNI Fakuktas Kedokteran UI di Banyumas, Rumah Sakit Ortopedi Purwokerto dan Puskesmas Baturraden.

Masyarakat yang datang dalam bakti sosial tersebut selain mendapat penyuluhan, pemeriksaan dan konsultasi gratis, juga menerima sembako dan vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

Menurut Lestari kegiatan bakti sosial sekaligus halal bi halal ini adalah realisasi dari upaya membangun semangat kebersamaan untuk saling menjaga dan memperkuat persatuan anak bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan yang ada saat ini.

Lestari yang merupakan penasihat ILUNI UI itu mengajak seluruh masyarakat dan para alumnus perguruan tinggi untuk berperan aktif merefleksikan nilai-nilai kebangsaan dan budaya yang diwariskan oleh para pendahulu bangsa.

Legislator Daerah Pemilihan II Jawa Tengah itu menyebut penguatan solidaritas, kolaborasi, kebersamaan dan kesetiakawanan, membuat bangsa ini senantiasa bersatu dalam keberagaman.

Pada kesempatan yang sama Ketua ILUNI UI Jawa Tengah Cahyo Seftyono mengatakan
paguyuban ILUNI UI ini tidak semata menjadi ajang kumpul-kumpul, melainkan harus memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Kolaborasi-kolaborasi dengan berbagai pihak harus terus dibangun untuk memperluas manfaat bagi masyarakat," tegasnya.

Ketua ILUNI FK UI Komisariat Banyumas Raya Iman Solichin, yang merupakan dokter ahli ortopedi, mengatakan acara bakti sosial ini sebagai pengingat kepada masyarakat agar tidak mengabaikan kesehatan tulang, dengan rajin mengonsumsi susu, telur dan berbagai sumber vitamin D dari konsumsi makanan sehari-hari.

Iman mengatakan tulang yang sehat sangat diperlukan masyarakat sepanjang hidup dalam menjalani aktivitas keseharian.

Pada kesempatan itu Iman juga berpesan agar masyarakat yang hadir pada acara bakti sosial selalu bangga menjadi warga Banyumas, Jawa Tengah.

"Banyak warga Banyumas yang berprestasi, hingga bisa kuliah dan menjadi alumni UI," ungkapnya.

Iman juga mengajak para alumnus perguruan tinggi untuk lebih berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat.

Ketua Umum ILUNI UI Didit Ratam berpesan agar ILUNI UI sepenuhnya mendukung ILUNI UI Jawa Tengah dalam menggalang persaudaraan antar alumni UI dalam pengabdiannya kepada masyarakat.

"Keberadaan ILUNI UI harus bermanfaat bagi masyarakat di seantero Jawa Tengah," ujar Didit.

Hadir pada acara tersebut dr Syarief Djatie, Sp. M (dokter senior alumni UI 1963), Endang Mariani (Ketua Harian ILUNI UI), Agus Taufiq (Wakil Sekjen ILUNI UI), serta Missi Arsita Lawalatta (Ketua Alumni Peduli Center).

Baca juga: Wakil Ketua MPR: Publik terbuka evaluasi RUU Kesehatan

Baca juga: MPR: Keakuratan data kependudukan penting untuk akselerasi pembangunan

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023