Banda Aceh (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh mendistribusikan sebanyak 1.800 koper bagi jamaah calon haji di seluruh Aceh, sebagai bagian dari persiapan keberangkatan jamaah kelompok terbang (kloter) pertama pada 24 Mei mendatang.

“Alhamdulillah hari ini kita menerima 1.800 koper dan langsung kita distribusikan ke kemenag kabupaten/kota,” kata Kepala Seksi Transportasi dan Akomodasi Haji Kanwil Kemenag Aceh Amirullah Jakfar di Banda Aceh, Kamis.

Tahun ini, jamaah calon haji asal Aceh yang akan berangkat sebanyak 4.378 orang tersebar dari 23 kabupaten/kota. Saat ini, sebagian calhaj masih terus melakukan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) hingga 19 Mei, besok.

Tahun ini, kata Amirullah, pihaknya memang mendistribusikan secara langsung koper jamaah calon haji ke daerah melalui Pos Indonesia. Sedangkan tahun-tahun sebelumnya, petugas dari daerah yang harus ke kantor provinsi untuk mengambil koper jamaah.

Baca juga: 154 calhaj Aceh Tengah mulai manasik haji

Baca juga: Usia tertua 98 tahun, Kabupaten Pidie Aceh berangkatkan 334 JCH


“Karena kami ingin kemenag kabupaten/kota untuk fokus mengisi seat jamaah dan menyelesaikan administrasi lainnya, sehingga kita yang mengirim koper ke jamaah,” ujarnya.

Ia menambahkan, pendistribusian koper tahap pertama ini untuk jamaah kloter pertama hingga keempat, serta untuk jamaah yang berada di daerah paling jauh dari Kota Banda Aceh seperti Simeulue, Aceh Singkil, hingga Kota Langsa.

"Pendistribusian tahun ini kami bekerjasama dengan Kantor Pos Cabang Banda Aceh untuk pengiriman dan mudah-mudahan pengiriman berjalan dengan lancar," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Aceh Azhari meminta kepala Kemenag kabupaten/kota untuk memaksimalkan layanan jamaah, terkhusus tahun ini fokus melayani jamaah lanjut usia atau lansia.

"Kita sukseskan misi haji tahun ini, dengan Tagline Haji Ramah Lansia, semoga yang kita lakukan menjadi amal ibadah," kata Azhari.

Ia juga berharap jajaran Kemenag dapat melakukan koordinasi yang baik dengan pemerintah kabupaten setempat.

"Sejak manasik, hingga keberangkatan di embarkasi kita imbau semua pihak terlibat dan partisipasi aktif. Semua demi suksesnya pelaksanaan haji dan jamaah merasa puas dengan layanan kita," ujarnya.

Untuk Aceh, kata dia, semuanya berjumlah 12 kelompok terbang (kloter) dan 11 kloter penuh, sementara satu kloter campur dengan jamaah dari Embarkasi Medan, dengan total caljah asal Aceh sebanyak 4.378 orang.

“Imbauan saya tetap menjaga kesehatan, mengikuti manasik hingga mandiri. Kuatkan niat dari awal untuk beribadah ke Tanah Suci dan melaksanakan seluruh rukun haji dengan sempurna,” ujarnya.

Baca juga: Embarkasi haji Aceh maksimalkan pelayanan untuk jamaah lansia

Baca juga: Kemenag bangun pusat layanan haji dan umrah di tiga daerah Aceh
​​​​​​​

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023