"Patroli jarak jauh menggunakan sepeda motor menuju perbatasan Indonesia-Malaysia,"
Tarakan (ANTARA) - Personel Direktorat Samapta Polda Kalimantan Utara memantau situasi keamanan dan ketertiban masyarakat dengan melaksanakan patroli, hingga ke perbatasan Kaltara dengan Malaysia bagian timur.

"Patroli jarak jauh menggunakan sepeda motor menuju perbatasan Indonesia-Malaysia," kata Direktur Samapta Polda Kaltara Kombes Pol Joko Heri Purwono saat dihubungi dari Tarakan, Kamis.

Joko bersama jajarannya saat patroli jarak jauh menggunakan sepeda motor menuju perbatasan Indonesia-Malaysia untuk memantau situasi keamanan di sana.

Patroli jarak jauh Malinau dan Nunukan berangkat dari Mapolda Kaltara di Tanjung Selor, Bulungan pada hari Senin (15/5) dengan delapan personel membawa mobil patroli satu unit dan enam unit motor patroli.

"Dari Tanjung Selor melalui jalur Malinau, Mansalong, Sebuku, Simanggaris, Sungai Ular dan Nunukan sampai hari Sabtu (20/5) kembali ke Mapolda Kaltara. Jarak patroli dari Tanjung Selor sampai Sei Ular sekitar 400 Kilometer," kata Joko.

Dia mengungkapkan patroli jarak jauh ini, rutin dilaksanakan untuk memonitor wilayah hukum Polda Kalimantan Utara dan mengantisipasi adanya tindak pidana kejahatan atau tindak kriminalitas.

Rutenya dari Tanjung Selor hingga Sungai Ular Kabupaten Nunukan. Sepanjang rute dilalui personel Direktorat Samapta beristirahat dan bertemu warga setempat di Polsub Sektor Sei Ular.

Kegiatan ini juga merupakan upaya preventif, untuk menekan tindak pidana kejahatan, serta melakukan upaya preemtif atau mengimbau kepada masyarakat, untuk lebih berhati-hati dan waspada serta peduli pada situasi lingkungan yang berkembang.

Dalam pelaksanaan patroli ini personel Direktorat Samapta Polda Kaltara bertindak sesuai dengan SOP (standar operasional prosedur) di lapangan serta dilengkapi dengan "buddy system" untuk melindungi personel dan menggunakan senjata laras panjang.

"Kendala utama jarak tempuh yang cukup jauh, sehingga butuh dukungan anggaran yang besar. Sedangkan kondisi personel dan kendaraan patroli cukup memadai untuk tugas patroli jarak jauh ke perbatasan," katanya.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023