Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat mengadakan bimbingan terkait perkembangan balita di Aula Puskesmas Kecamatan Kembangan dengan tujuan untuk mendeteksi dan pengentasan stunting di wilayah tersebut.

Kepala Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) 
Jakarta Barat, Erizon Safari mengatakan, kegiatan yang berlangsung pa Rabu (17/5) tersebut ditujukan untuk mendeteksi kelainan pertumbuhan dan perkembangan pada bayi dan balita, yakni tentang masalah stunting.
 
Kegiatan ini, kata Erizon saat dihubungi pada Kamis, diikuti 27 peserta. Mereka adalah petugas kesehatan dari Puskesmas kecamatan dan kelurahan di wilayah Kota Jakarta Barat (Jakbar).

"Dalam pelatihan ini kita melatih para kader, yakni petugas kesehatan dari Puskesmas yang ada di kecamatan dan kelurahan di Jakarta Barat yang tahun ini dijadikan lokus stunting oleh Pemerintah Kota Jakarta Barat," ungkap Erizon.

Baca juga: Pemkot Jakbar libatkan perguruan tinggi tangani tengkes

Erizon melanjutkan, ada beberapa item dalam kegiatan ini, seperti konseling peningkatan wawasan gizi, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, penilaian motorik dan sensorik balita.

Pihaknya tengah berupaya menekan stunting atau tengkes balita yang pada tahun lalu (2022) berada pada angka 15,20 persen.

Menurut dia, stunting adalah masalah yang pengentasannya melibatkan banyak bidang pemerintahan. "Pengentasan stunting pada balita ini pada dasarnya adalah kerja keroyokan atau kerja semua pihak," katanya.

Terkait masalah stunting, porsi kerja pengentasan Suku Dinas Kesehatan adalah 30 persen dari agregat upaya. Sedangkan 70 persen yang lainnya adalah intervensi dan kerja dinas-dinas yang lainnya.

Baca juga: Pemkot Jakbar pantau asupan gizi ibu dan bayi untuk cegah tengkes

Misalnya, masalah air bersih yang berperan adalah Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA). Masalah edukasi anak yang juga berperan Sudin Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP).

Masalah pangan yang berperan Sudin Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan(KPKP). Begitu juga dinas-dinas lain dengan tupoksinya masing-masing.

Intinya pengentasan stunting adalah kerja bersama. Stunting tidak akan berkurang jika hanya mengandalkan satu lini pemerintahan saja.

"Kita kerja keroyokan dan kita berkomitmen untuk itu. Semoga tahun ini angka stunting bisa berkurang," kata Erizon.
 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023