Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar Unit Kawasan Paotere menerapkan penggunaan karcis elektronik atau Elektronik Pass (E-Pass) bagi kendaraan atau orang yang akan masuk di kawasan Pelabuhan Paotere.

"Pelabuhan rakyat (Pelra) Paotere ini adalah salah satu pelabuhan kelolaan Pelindo Regional 4 Makassar mulai diterapkan E-Pass," kata General Manager Pelindo Regional 4 Makassar, Suhadi Hamid di Makassar, Jumat.

Dia mengatakan, salah satu alasan pihaknya menerapkan E-Pass bagi pengunjung yang memasuki kawasan Pelabuhan Paotere adalah agar menghindari pungutan liar (pungli) di pelabuhan.

Menurut dia, dengan penerapan E-Pass tersebut selain ingin menghindari pungli di pelabuhan, juga sekaligus akan mengedukasi pengguna jasa dan petugas agar tak ada pungli.

Sebelum E-Pass menjadi benar-benar wajib atau mandatory di kawasan Pelabuhan Paotere, lanjut dia, pihaknya akan selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terutama para pengguna jasa dan asosiasi Pelra yang ada di kawasan tersebut.

Sementara itu, Kepala Unit Kawasan Paotere, Hadriana Hasan mengatakan, Pelabuhan Paotere saat ini mulai dilirik para investor dan penggunaan E-Pass menjadi salah satu syarat bagi pihak investor untuk masuk berinvestasi di kawasan Pelabuhan Paotere.

Baca juga: Pelindo cetak laba bersih Rp3,9 triliun pada 2022
Baca juga: Kenya kaji potensi investasi kepelabuhanan di Indonesia

“Kami kini menata kembali kawasan Pelra Paotere yang cukup banyak dikunjungi wisatawan asing," ujarnya.

Alasannya, Pelra ini selain merupakan kawasan pelabuhan yang menghubungkan antar pulau-pulau kecil di Sulsel dan pulau lainnya di wilayah timur Indonesia, Pelabuhan Paotere juga menjadi salah satu lokasi wisata sebab merupakan pelabuhan rakyat tertua di Sulsel.

Rencananya akan masuk investor untuk ikut menata Pelabuhan Paotere, di mana salah satu syaratnya adalah E-Pass sudah harus beroperasi,” jelasnya.

Investor yang bakal masuk lanjut Hadriana, akan membangun mini soccer untuk memfasilitasi khususnya warga sekitar kawasan yang gemar dengan olahraga sepak bola mini.
 
Suasana loket masuk di area Pelabuhan Rakyat Paotere yang menjadi salah satu pelabuhan kelolaan PT Pelindo Regional 4 Makassar mulai menerapkan E-Pass. Antara/HO- Pelindo Reg 4 Mks

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023