Makassar (ANTARA) - Pelindo Regional 4 yang membawahi Pelabuhan Rakyat Paotere siap mengembangkan pelabuhan tersebut sebagai destinasi wisata seperti Pelabuhan Sunda Kelapa.

"Jadi Pelabuhan Paotere kita benahi secara bertahap, mulai dari penerapan karcis elektronik atau E-Pass dulu," kata Regional Head 4 Pelindo Enriany Muis di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, penerapan E-Pass merupakan salah satu syarat bagi investor untuk membantu pengembangan destinasi wisata Pelra Paotere.

Hal itu dibenarkan Kepala Unit Kawasan Paotere, Hadriana Hasan.

Dia mengatakan, Pelabuhan Paotere saat ini mulai dilirik para investor dan penggunaan E-Pass menjadi salah satu syarat bagi pihak investor untuk masuk berinvestasi di kawasan Pelabuhan Paotere.

“Kami tengah menata kembali kawasan Pelra Paotere yang cukup banyak dikunjungi wisatawan asing," katanya.

Alasannya, Pelra ini selain merupakan kawasan pelabuhan yang menghubungkan antar pulau-pulau kecil di Sulsel dan pulau lainnya di wilayah timur Indonesia.

Pelabuhan Paotere juga menjadi salah satu lokasi wisata sebab merupakan pelabuhan rakyat tertua di Sulsel.

Rencananya akan masuk investor untuk ikut menata Pelabuhan Paotere, salah satu syaratnya adalah E-Pass sudah harus beroperasi.

Herdiana mengatakan, investor yang bakal masuk akan membangun mini soccer untuk memfasilitasi khususnya warga sekitar kawasan yang gemar dengan olahraga sepak bola mini.

Selain itu, pihaknya juga menata kembali persewaan lahan khususnya untuk para pedagang kaki lima (PK5) dan membuat photo booth, agar kawasan Pelabuhan Paotere semakin menarik untuk dikunjungi lebih banyak lagi wisawatan.

Saat ini, ada sekitar 49 PK5 yang memanfaatkan lahan Pelindo di Pelabuhan Paotere.

“Semoga semua upaya dan pembenahan yang kami lakukan di kawasan Pelabuhan Paotere mendapat dukungan dari semua pihak, utamanya stakeholder pelabuhan dan para pengguna jasa serta tentunya masyarakat sekitar,” jelasnya.

Baca juga: Pelindo kumpulkan 1,7 ton sampah saat aksi bersih pantai Semarang

Baca juga: Pelindo tanam mangrove hijaukan kampung wisata Sontoh Laut Surabaya

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023