Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 siap memberikan layanan optimal pada masa "peak season" (musim penumpang) khususnya menghadapi musim Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Ini dilakukan dengan memberikan pelayanan yang maksimal dan optimal melalui sarana dan prasarana yang tersedia di semua pelabuhan kelolaan," kata Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis di Makassar, Sabtu.

Hal itu dikemukakan Enriany di sela menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Reses Komisi V DPR RI yang membidangi Infrastruktur dan Perhubungan di Ruang Serbaguna Lantai 7 Kantor Pelindo Regional IV di Makassar.

Berkaitan dengan hal tersebut, pihaknya telah melakukan langkah-langkah proaktif untuk memastikan kesiapan operasional yang optimal menjelang musim Natal dan Tahun Baru.

“Fasilitas yang ada di pelabuhan dioptimalkan, sumber daya manusia ditingkatkan, dan solusi logistik terbaru diterapkan untuk memastikan penanganan kargo dan kapal berjalan dengan lancar,” katanya.

Dia menambahkan, Pelindo Regional 4 juga telah melakukan koordinasi untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk perusahaan pelayaran, Kantor Otoritas Pelabuhan, Bea Cukai, instansi terkait lainnya, dan pemerintah setempat.

Kolaborasi ini bertujuan untuk menyederhanakan proses dan memastikan kelancaran arus barang dan penumpang.

Regional Head 4 Pelindo mengatakan, keselamatan penumpang, awak kapal, dan pekerja pelabuhan tetap menjadi prioritas utama. Dalam hal ini, pihaknya menerapkan langkah-langkah keamanan yang ketat, termasuk pemeliharaan rutin peralatan dan peningkatan pengawasan keamanan.

“Tahun ini kami menyambut musim Natal dan Tahun Baru 2024 dengan berbagai kesiapan operasional yang optimal. Kami juga berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan pemangku kepentingan.”

Dia menambahkan, selain berbagai fasilitas yang telah ada, pihaknya kini juga telah menambah fasilitas di terminal penumpang, yakni ruang tunggu sementara (RTS) seperti yang saat ini tersedia di Pelabuhan Makassar.

“Dari 22 pelabuhan kelolaan di Regional 4, kebanyakan penumpang yang naik dan turun adalah di Pelabuhan Makassar,” terang Enriany.

Andi Iwan Darmawan Aras, Ketua Tim Kunjungan Kerja Reses yang juga Wakil Ketua Komisi V DPR RI mengatakan bahwa pelabuhan laut sangat penting dan menjadi perhatian pihaknya.

“Terutama yang juga menjadi perhatian kami adalah penumpang kapal. Jangan sampai ada miskomunikasi dengan para penumpang, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pekerjaan rutin semua stakeholder yang terlibat di dalam pelayanan masyarakat dalam rangka menyambut musim Natal dan Tahun Baru. Oleh sebab itu semua pihak harus menjalankan tupoksinya masing-masing sesuai dengan sistem dan prosedur (sisdur) yang ada.

Baca juga: Pelindo Makassar catat pertumbuhan arus penumpang 169 persen
Baca juga: Pelni-Kemenhub koordinasi adakan mudik gratis periode Natal-Tahun Baru
Baca juga: Kemenhub bentuk posko pemantauan natal-tahun baru pada 264 pelabuhan 

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023