Makassar (ANTARA) - PT Pelindo Regional 4 menyiapkan fasilitas pendukung menghadapi musim mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang mengalami peningkatan penumpang sekitar 20 persen.

"Mengantisipasi lonjakan penumpang di musim Natal tahun ini dan menyambut Tahun Baru 2024, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 bersama Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP), Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan instansi pemerintah terkait lainnya, menyiapkan sejumlah fasilitas dan posko bersama di area pelabuhan," jelas Head Pelindo Regional 4 Enriany Muis dalam keterangan persnya di Makassar, Rabu.

Selain itu, pihak Pelindo Regional 4 juga menyiapkan terminal penumpang dan fasilitas pendukung lainnya dalam kondisi bersih. Serta menyiapkan pemeriksaan "check point" pada pintu keluar masuk terminal penumpang.

Beberapa hal yang juga menjadi perhatian BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan ini adalah penyiapan sarana penunjang protokol kesehatan, kesiapan petugas dalam keadaan sehat, penyiapan ruang tunggu sementara di Pelabuhan Utama, dan kesiapan tenda jika terjadi lonjakan penumpang.

Enriany mengatakan, Pelabuhan Makassar merupakan pelabuhan yang terpadat jumlah penumpangnya di antara pelabuhan-pelabuhan kelolaan lainnya di wilayah Kawasan Timur Indonesia yang berada di bawah naungan Pelindo Regional 4.

“Hampir setiap tahun terutama saat musim Natal dan Tahun Baru tiba, Pelabuhan Makassar selalu mengalami lonjakan penumpang yang cukup signifikan. Bahkan di antara semua wilayah kerja Pelindo, Regional 4 yang selalu mencatat jumlah penumpang terbanyak,” terang Enriany.
 
Suasana kegiatan ekspose kinerja dan kesiapan Pelindo Regional 4 pada musim Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang dipimpin Head of Pelindo Regional 4 Enriany Muis di Makassar, Rabu (20/12/2023). ANTARA/Suriani Mappong/am.

Dia menyebutkan, tahun lalu pihaknya melakukan monitoring dan pengawasan selama 30 hari, yakni periode H-15 sampai dengan H+15 atau mulai 11 Desember 2022 hingga 9 Januari 2023 oleh Tim Angkutan Natal dan Tahun Baru yang dibentuk masing-masing cabang guna kelancaran kegiatan embarkasi dan debarkasi penumpang selama angkutan mudik Natal dan Tahun Baru 2022-2023.

Hasil monitoring tersebut, dari 20 cabang kelolaan Pelindo di Regional 4, total arus penumpang periode H-15 hingga H+15 sebanyak 688.831 penumpang. Adapun tiga besar cabang dengan jumlah aktivitas embarkasi dan debarkasi penumpang terbanyak yaitu Pelabuhan Makassar 83.860 orang, Pelabuhan Parepare 72.527 orang, dan Pelabuhan Ambon sebanyak 64.904 orang.

Sementara itu untuk call atau kunjungan kapal, dari 20 cabang pelabuhan di Regional 4, total call kapal periode H-15 sampai H+15 adalah 971 call. Di mana tiga cabang dengan jumlah kunjungan kapal terbanyak yakni, Pelindo Regional 4 Manado sebanyak 138 call kapal, menyusul Pelindo Regional 4 Ternate 126 kunjungan kapal, dan Pelindo Regional 4 Kendari sebanyak 92 kapal.

Tahun lalu menurut Enriany, pihaknya juga berkolaborasi dengan Tim Posko yang dibentuk KSOP di masing-masing pelabuhan di 20 cabang.

Pihaknya berharap, pelaksanaan kegiatan angkutan Natal dan Tahun Baru di tahun ini juga sama seperti kondisi tahun lalu, bahkan bisa meningkat dengan monitoring dan pengawasan yang dilakukan dengan lebih maksimal lagi.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023