setiap pejalan kaki yang masuk ke Pelabuhan Makassar harus menempelkan kartu uang elektronik milik masing-masing
Makassar (ANTARA) - PT Persero Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 4 Makassar memasang alat "turnstile" di Gate 2 khusus jalur pejalan kaki yang akan masuk dan keluar di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, sebagai salah satu langkah transformasi digital.

"Dengan dipasangnya alat ini, setiap pejalan kaki yang masuk ke Pelabuhan Makassar harus menempelkan kartu uang elektronik milik masing-masing," kata General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Iwan Sjarifuddin di Makassar, Sabtu.

Dia mengatakan dengan uang elektronik yang memiliki saldo para pejalan kaki dapat menempelkan kartunya pada alat tersebut.

Turnstile merupakan alat yang digunakan untuk membatasi dan mengontrol pejalan kaki yang memasuki area tertentu, yang dilengkapi dengan sistem penguncian dan motor penggerak.

Iwan mengatakan selama ini khususnya di Gate 2, penggunaan uang elektronik untuk masuk Pelabuhan Makassar baru diwajibkan kepada pemilik kendaraan roda empat dan roda dua saja.

Baca juga: SPJM Pelindo Grup berkolaborasi berikan layanan maritim

Baca juga: Pelindo Regional 4 catat pertumbuhan positif


Sementara para pejalan kaki, tarif atau pass masuk sebesar Rp 5.000 masih dipungut secara manual oleh petugas, yang ditukarkan dengan karcis masuk.

Namun dengan transformasi digital, kepada pejalan kaki yang masuk ke Pelabuhan Makassar harus menempelkan kartu e-money di alat turnstile ini.

Menurut Iwan, hal itu akan semakin meminimalkan dan bahkan menjadikan area Pelabuhan Makassar zero pungutan liar atau pungli.

Iwan juga menuturkan bahwa pihaknya terus meningkatkan pelayanan di Pelabuhan Makassar dengan memanfaatkan teknologi digital agar semakin efektif dan efisien dalam menekan pungutan liar (pungli).

Sementara itu Junior Manager Operasi Pelindo Regional 4 Makassar, I Komang Oka Sudarmawan Diputra menerangkan bahwa pemasangan alat turnstile ini hanya dilakukan di Gate 2 karena jalur pejalan kaki hanya dilewati melalui pintu itu saja.

Dia mengatakan bagi pejalan kaki yang ingin masuk ke pelabuhan, hanya melakukan satu kali tap e-money saja yaitu di alat turnstile yang ada di gate masuk. Jika ingin keluar, mereka cukup melakukan scan telapak tangan di turnstile yang terletak di gate keluar.

Baca juga: Pelabuhan New Port Makassar siap ekspor pisang

Baca juga: Pelindo Reg 4 siap kembangkan Pelra Paotere jadi destinasi wisata

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023