Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas
Makassar (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 menggelar pemeriksaan kesehatan gratis di empat kelurahan di sekitar Makassar New Port (MNP) atau yang sekarang disebut TPK New Makassar Terminal 2.

"Kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas," kata Regional Head 4 Pelindo, Enriany Muis di Makassar, Minggu.

Baca juga: Kemenkes perluas deteksi dini kardiovaskular gratis hingga RT/RW

Dia mengatakan, pemeriksaan kesehatan gratis tersebut dilaksanakan selama enam bulan di Kelurahan Cambaya, Tallo, Buloa, dan Kelurahan Kaluku Bodoa.

Program ini bertujuan untuk memberikan manfaat kesehatan yang lebih baik kepada warga pesisir Kota Makassar dan memastikan bahwa layanan kesehatan yang diperlukan dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat.

"Jadi pemeriksaan kesehatan gratis ini bertujuan untuk memberikan akses kepada masyarakat dalam memonitor dan menjaga kesehatan mereka," katanya.

Layanan tersebut mencakup berbagai pemeriksaan medis yang meliputi pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pengukuran indeks massa tubuh (BMI), pemberian resep dan obat, serta konsultasi medis singkat dengan para profesional kesehatan berlisensi.

Dalam program tersebut, lanjut Enriany, semua warga diundang untuk datang dan memanfaatkan kesempatan itu untuk memeriksa kesehatan mereka dengan tanpa biaya. Seluruh prosedur pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat untuk memastikan keamanan semua peserta.

Baca juga: Relawan Ganjar Pranowo gelar pengobatan gratis di DKI dan Jabar

Ada cukup banyak manfaat yang diterima masyarakat dari program ini, di antaranya yaitu akses kesehatan yang lebih mudah. Program ini memastikan bahwa semua warga di empat wilayah kelurahan tersebut dapat mengakses pemeriksaan kesehatan tanpa harus khawatir tentang biaya.

Ini akan membantu dalam mendeteksi dini masalah kesehatan dan mencegah penyakit lebih lanjut.

Kedua, pencegahan penyakit. Pemeriksaan kesehatan rutin membantu dalam mendeteksi penyakit atau kondisi medis secara dini, sehingga memungkinkan penanganan lebih awal dan efektif. Ini akan membantu mengurangi beban penyakit yang mempengaruhi masyarakat.

Ketiga, pengetahuan kesehatan. Program ini memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan dan gaya hidup sehat.

Sementara materi edukasi akan membantu masyarakat dalam membuat keputusan yang lebih bijak terkait kesehatan mereka.

Manfaat selanjutnya yang diterima masyarakat adalah, meningkatkan kualitas hidup di empat wilayah kelurahan tersebut agar masyarakat dapat lebih sehat dan produktif

Baca juga: Polda Kepri terus berikan pelayanan kesehatan gratis ke warga Rempang

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023