Dalam waktu satu pekan saja, Kabupaten Bekasi berhasil meraih Juara 2 STQH Jawa Barat, memecahkan Rekor MURI simulasi penanggulangan bencana, kemudian atlet kita sukses meraih 14 medali SEA Games Kamboja, serta meloloskan calon Paskibraka tingkat nas
Cikarang, Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mencatat sebanyak empat prestasi membanggakan sukses diraih Kabupaten Bekasi hanya dalam tempo sepekan di bulan Mei 2023 ini.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Diskominfosantik Kabupaten Bekasi Rhamdan Nurul Ikhsan di Cikarang, Jumat mengatakan prestasi demi prestasi terus diraih Kabupaten Bekasi di bawah kepemimpinan Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan.

"Dalam waktu satu pekan saja, Kabupaten Bekasi berhasil meraih Juara 2 STQH Jawa Barat, memecahkan Rekor MURI simulasi penanggulangan bencana, kemudian atlet kita sukses meraih 14 medali SEA Games Kamboja, serta meloloskan calon Paskibraka tingkat nasional," katanya.

Ia menjelaskan prestasi pertama datang dari Kota Bandung pada Ahad (14/5) 2023 saat Kafilah Kabupaten Bekasi yang mengikuti Seleksi Tilawatil Quran dan Hadits (STQH) ke-18 tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023, berhasil menyandang gelar peringkat dua terbaik se-Jawa Barat.

Posisi ini sekaligus memperbaiki prestasi sebelumnya pada STQH Jabar tahun 2021 lalu, dimana Kabupaten Bekasi berada di posisi ketiga se-Provinsi Jawa Barat.

"Dari tujuh orang finalis yang tampil, empat orang meraih juara satu, dua orang keluar sebagai juara kedua, dan satu orang lagi juara tiga," katanya.

Dilanjutkan dengan kesuksesan Kabupaten Bekasi memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) melakukan simulasi evakuasi bencana dengan peserta terbanyak di Indonesia. Lebih dari 23.000 peserta mengikuti pemecahan Rekor MURI yang dikomandoi langsung oleh Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Tidak cukup prestasi tingkat Jawa Barat dan Nasional, prestasi level internasional juga diraih atlet-atlet Kabupaten Bekasi yang membela Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja.

"Prestasi yang membanggakan. Di SEA Games Kamboja atlet-atlet kita mampu menyumbang 14 medali, empat di antaranya medali emas. Di SEA Games Vietnam kita menyumbang tiga emas. Jadi ada peningkatan," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bekasi Iman Nugraha.

Prestasi membanggakan selanjutnya datang dari pelajar Kabupaten Bekasi yang mengikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Jawa Barat di Dodik Lembang Bandung. Dua pelajar berhasil lolos sebagai calon Paskibraka (Capaska) tingkat Nasional dan tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2023.

Kedua Capaska tersebut yakni Raja Shiam Al Ghiffari Panjiyoga yang mewakili Jawa Barat di tingkat Nasional dan Noval Ardhana Alfi Nasri yang terpilih sebagai calon Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Alhamdulillah Kabupaten Bekasi sudah dua kali berturut-turut mendapatkan Capaska di tingkat Jawa Barat dan Nasional," demikian Iman Nugraha.

Baca juga: Pemkab Bekasi meraih penghargaan penyaluran dana desa terbaik

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Bekasi mendapat apresiasi atas komitmennya menekan stunting

Baca juga: Kabupaten Bekasi meraih penghargaan GP2SP dari Kementerian Kesehatan

Baca juga: Bekasi meraih penghargaan tata kelola arsip ANRI


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023