... cara yang lunak dan persuasif, sehingga warga akan menyadari sendiri keberadaannya di bantaran kali memang menyalahi peraturan... "
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), menginstruksikan agar para camat dan lurah mempercepat proses relokasi warga yang tinggal di bantaran kali terkait pelaksanaan program normalisasi Sungai Ciliwung.

"Tahun ini, kita akan melakukan normalisasi Sungai Ciliwung, Sungai Pesanggrahan, Sungai Angke dan Sungai Sunter. Jadi, saya minta agar warga di bantaran kali-kali itu segera direlokasi," kata Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu.

Oleh sebab itu, Jokowi menyarankan agar para camat dan lurah untuk segera memulai pendekatan kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai tersebut. Bukan rahasia lagi, perumahan liar di bantaran-bantaran sungai itu menyumbat aliran sungai berujung banjir jika hujan besar terjadi.

"Ketika melakukan pendekatan, lakukan dengan cara yang lunak dan persuasif, sehingga warga akan menyadari sendiri keberadaannya di bantaran kali memang menyalahi peraturan yang sudah dibuat," ujar Jokowi.

Hari ini, Jokowi mengumpulkan seluruh camat dan lurah di DKI Jakarta untuk diberikan arahan terkait rencana-rencana antisipasi banjir. Sebanyak 26 camat dan 75 lurah hadir dalam kesempatan tersebut.

Selain itu, ada pula Wali Kota Jakarta Pusat Syaifullah, Wali Kota Jakarta Utara Bambang Sugiono, Wali Kota Jakarta Barat, Burhannudin, Walikota Jakarta Selatan, Anas Effendi, dan Walikota Jakarta Timur, Krisdianto. 

(R027)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013