Dari laporan teman-teman hotel bintang tiga, empat dan lima di Kota Medan rata-rata penuh pada acara Dekranas yang berlangsung saat ini
Medan (ANTARA) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara (Sumut) mencatat okupansi hotel penuh pada acara Peringatan HUT Ke-43 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Kota Medan.

"Dari laporan teman-teman hotel bintang tiga, empat dan lima di Kota Medan rata-rata penuh pada acara Dekranas yang berlangsung saat ini," ujar Ketua PHRI Sumut Denny S Wardhana di Medan, Jumat.

Ia mengatakan peningkatan okupansi hotel juga berdampak positif kepada restoran, transportasi maupun usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Medan.

"Acara nasional ini mendongkrak roda perekonomian baik dari perhotelan maupun lainnya. Kami berharap pemerintah agar rutin menggandakan acara nasional ke depannya," ujarnya.

Denny menambahkan peningkatan okupansi hotel meningkat pesat mencapai 90 persen pada saat Lebaran 2023 dan cuti bersama.

"Secara otomatis, masih dekatnya waktu membuat tren positif pada roda perekonomian perhotelan terus berputar hingga saat ini di Kota Medan," ucapnya.

Baca juga: PLN jamin pasokan listrik saat peringatan HUT Ke-43 Dekranas di Medan

Baca juga: Wali Kota Medan dampingi Ibu Negara Iriana tinjau Expo Dekranas


Acara Dekranas ini disemarakkan dengan adanya pergelaran seni tari etnis yang dipadukan peragaan busana berbahan kain khas daerah-daerah di Indonesia.

Perhelatan yang dihadiri Ketua Umum Dekranas Wuri Ma’ruf Amin, segenap pengurus Dekranas, dekranasda provinsi, Wali Kota Medan Bobby Nasuton, Ketua Dekranasda Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution, dan segenap pengurus dekranasda kabupaten dan kota se-Indonesia ini juga dimeriahkan penampilan artis Ari Lasso.

Peringatan yang dihadiri 1.496 undangan dari seluruh Indonesia ini ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Selain itu, secara resmi Iriana Joko Widodo membuka Pelatihan Wirausaha Baru dan meninjau Expo HUT Ke-43 Dekranas di Lapangan Benteng Kota Medan.

Dalam perhelatan ini, beberapa ketua dekranasda provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia juga turut menampilkan busana l khas daerah.

Peragaan busana yang diiringi lagu dan tarian ini, antara lain, menampilkan Ketua Dekranada Medan Kahiyang Ayu Bobby Nasution dan Ketua Dekranasda Jawa Barat Atila Praratya.

Acara Dekranas ini mengusung tema "Wirausaha Baru Tercipta, Pengrajin Berdaya". HUT Dekranas berlangsung selama 5 hari mulai 16 - 20 Mei 2023.

Selain stan Dekranasda Kota Medan, Expo Dekranas juga diisi dekranasda dari daerah lainnya yang ikut menampilkan berbagai kreasi dari masing-masing daerah di antaranya, stan Dekranasda Provinsi Kalimantan Timur, Dekranasda Kabupaten Batu Bara.

Selain itu Dekranasda Provinsi Sulawesi Utara, Dekranasda Provinsi Aceh, Dekranasda Provinsi Maluku Utara, Dekranasda Provinsi Papua Barat, Dekranasda Provinsi Gorontalo, Dekranasda Sulawesi Tenggara, Dekranasda Tapanuli Selatan, Dekranasda Kota Surakarta dan lainnya.

Baca juga: Dekranas tegaskan kerajinan masih jadi tuan di negeri sendiri

Baca juga: Kementerian Investasi-Dekranas tingkatkan kualitas perajin kriya


 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023