Kantor Dekranasda Papua Barat Daya sudah hadir, tentunya tugas penting adalah bagaimana menjadi promotor bagi karya pelaku UMKM
Sorong (ANTARA) - Ketua Umum Dekranas, Ibu Wury Ma'ruf Amin mengatakan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Papua Barat Daya harus menjadi promotor untuk mengakomodasi seluruh hasil kerajinan usaha mikro kecil menengah (UMKM) supaya kualitas produknya bisa terekspos di wilayah itu.
 
Hal ini disampaikan Ibu Wury Ma'ruf Amin sebagai Ketua Umum Dekranas Pusat usai meresmikan Kantor Dekranasda Provinsi Papua Barat Daya, yang berlokasi di Jl. Basuki Rahmat KM 95, Kota Sorong, Papua Barat Daya, Rabu.
 
"Kantor Dekranasda Papua Barat Daya sudah hadir, tentunya tugas penting adalah bagaimana menjadi promotor bagi karya pelaku UMKM, itu perlu diperhatikan supaya hasil dari itu karya yang dihasilkan pun bisa terekspos dan menambah nilai ekonomis," jelasnya.
 
Karena, kata dia, potensi kerajinan yang dikembangkan UMKM di Papua Barat Daya cukup tinggi dan menjanjikan, sehingga dibutuhkan satu wadah dan memiliki jaringan luas untuk bisa mengekspor hasil itu.
 
Didampingi Pj. Ketua Dekranasda Papua Barat Daya Andar Aryani Musa'ad dan Ketua Harian Dekranas Ibu Tito Karnavian, Ibu Wury memberikan pernyataan sambil menggunting pita sebagai tanda diresmikannya Kantor Dekranasda Papua Barat Daya.
 
“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan kantor Dekranasda Provinsi Papua Barat Daya. Semoga dengan diresmikannya kantor ini bisa membawa kemajuan bagi perajin dan kerajinan di Papua Barat Daya,” ucap Ibu Wury Ma’ruf Amin.
 
Usai meresmikan Kantor Dekranasda, Ibu Wury didampingi ibu-ibu yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) melakukan peninjauan di Kantor tersebut. Ibu Wury juga sempat berbincang dengan salah satu perajin tenun yang sedang menenun kain bermotif Boirim, ciri khas Papua Barat Daya.
 
Hj. Wury Ma'ruf Amin memberikan apresiasi perajin tenun tersebut yang turut melestarikan salah satu kebudayaan yang berasal dari Papua Barat Daya.
 
“Mudah-mudahan dengan adanya Kantor Dekranasda ini kegiatan pengrajinan bisa dimudahkan. Produk-produk Provinsi Papua Barat Daya bisa terangkat,” ujar Hj. Wury Ma'ruf Amin.
 
Sementara itu, Ketua Dekranasda Papua Barat Daya Andar Aryani menyampaikan apresiasi kepada Ketua Umum Dekranas Pusat yang telah menyempatkan waktu hadir dan meresmikan kantor Dekrasda Papua Barat Daya sekaligus menikmati hasil karya seni dari UMKM di daerah ini.
 
“Tentunya kunjungan kerja ini sangat memotivasi kami sebagai Pengurus yang baru untuk lebih maju lagi ke depan dalam membina para perajin yang ada di Provinsi Papua Barat Daya ini,” tutur Ibu Andar.
 
Ia mengatakan bahwa kepengurusan Dekranasda Papua Barat Daya disahkan dengan Surat Keputusan Ketua Umum Dekranas pada tanggal 5 April 2023.
 
“Setelah disahkan, kami mengikuti beberapa kegiatan Dekranas, di antaranya HUT ke-43 Dekranas di Kota Medan, sekaligus mengikuti Pameran Produk Wastra dan Kerajinan pada tanggal 10-14 Mei 2023,” kata dia.
 
Selain itu, Dekranasda Papua Barat Daya telah mengikuti Rapat Kerja Nasional dan Pameran Kriyanusa di Jakarta Convention Centre September lalu.
 
Kehadiran Dekranasda Papua Barat Daya kata dia, merupakan upaya untuk mempromosikan hasil-hasil kerajinan para pelaku UMKM yang ada di Kota Sorong dan 5 kabupaten, yaitu Sorong, Sorong Selatan, Tambrauw, Maybrat dan Raja Ampat.
 
Produk-produk yang di dalam kantor tersebut adalah produk kriya seperti tas anyaman, penutup kepala, tas rajut, noken, kain tenun, pelepah pahat dan mahkota pelepah pisang. Selain itu, terdapat juga produk kuliner, seperti abon cakalang, kopi senang bubuk, keripik keladi, dan wedang jahe.
 

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023