Makassar (ANTARA) - Dr Siti Ma'rifah, Anak Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, yang juga Ketua Komisi Perempuan Remaja dan Keluarga (KPPK) MUI mengapresiasi Program Ramah Lansia atas kolaborasi Majelis Ulama Indonesia bersama Ramah Zakat (RZ).

Ramah Lansia merupakan program yang mewadahi masyarakat usia lanjut untuk mendapatkan lingkungan sosial dan fisik yang baik untuk mendukung kebutuhan agar tetap sehat, aktif dan produktif.

Menurut Ma'rifah melalui keterangannya di Makassar, Jumat, mengatakan KPRK MUI melihat adanya kesamaan visi misi dari program yang dijalankan Rumah Zakat sehingga akan mendukung kolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang membutuhkan.

"Kita mengapresiasi program RZ karena sudah banyak mustahik yang dibina dan disantuni RZ naik kelas menjadi muzakki, sejalan dengan hadits Rasulullah Khoirunnas anfa'uhum linnas," ungkapnya.

Baca juga: Wapres minta pengelola zakat tingkatkan kualitas tata kelola

Baca juga: PT PII gandeng Rumah Zakat berdayakan ekonomi masyarakat desa


Apresiasi ini disampaikan saat Siti Ma'rifah berkesempatan mengunjungi salah satu area pelaksanaan program Ramah Lansia di Rappokalling, Makassar. Kunjungan ini dalam rangka kolaborasi Majelis Ulama Indonesia dan Rumah Zakat dalam Program Ramah Lansia.

Selain itu, ia mengunjungi pula dapur produksi katering BUMMAS GADDE TA binaan Rumah Zakat. Beberapa produk ekonomi kreatif para lansia di antaranya bros, kreasi bunga dari sampah kantong plastik, dan aneka keripik produk binaan Rumah Zakat.

Rumah Zakat melaksanakan program Ramah Lansia dengan senam lansia yang biasanya dimulai pada pukul 7.30 Wita. Bersamaan dengan itu dilakukan pemeriksaan kesehatan lansia, edukasi kesehatan dan pemberian makanan bergizi untuk Lansia berupa buah-buahan

Sejak 2016, Program Ramah Lansia telah diimplementasikan di Kelurahan Rappokalling Kecamatan Tallo, Kota Makassar.

Beberapa kegiatan telah dilaksanakan, di antaranya senam lansia, pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) yaitu pemeriksaan kadar kolesterol, kadar Asam urat, kadar gula darah dan pemeriksaan tekanan darah.*

Baca juga: Rumah zakat salurkan donasi ke MUI untuk pembangunan RSIH Palestina

Baca juga: Pemkab Bogor terima bantuan BPKH Rp200 juta untuk penanganan bencana

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023