Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) Universitas Padjajaran (Unpad) Irawati Hermawan menegaskan organisasinya siap memfasilitasi calon presiden (capres) untuk menyosialisasikan visi dan misi serta gagasan politik untuk pembangunan Indonesia.

"Kami siap dan terbuka untuk memfasilitasi, setelah adanya calon presiden yang ditetapkan oleh penyelenggara Pemilu," katanya di Jakarta, Jumat.

Irawati menjelaskan IKA Unpad memiliki beberapa kriteria terhadap kepemimpinan presiden Indonesia, diantaranya memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni, integritas yang teruji, serta rekam jejak kepemimpinan yang baik.

Mempunyai komitmen yang kuat terhadap persatuan seluruh elemen bangsa. Memiliki komitmen untuk menjadikan sumber daya manusia warga negara Indonesia mampu bersaing di dunia internasional.

Selanjutnya, memiliki visi menjadikan Indonesia emas 2045 sebagai negara yang memiliki peran kuat secara global dan menjadikan Indonesia menjadi lima besar kekuatan ekonomi dunia.

Kemudian, mempunyai komitmen untuk berkolaborasi bersama perguruan tinggi dalam menjalankan program pemerintahannya baik yang tercantum dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) maupun rencana pembangunan jangka panjang (RPJP).

"IKA Unpad siap mengawal proses pemilihan presiden dan wakil presiden berjalan sesuai konstitusi dan juga akan terlibat secara aktif dalam memberikan kontribusi pemikiran secara organisasi," katanya menegaskan.

Sementara itu, Sekjen IKA Unpad MQ Iswara mengatakan organisasi telah menyiapkan tim kecil, yang nantinya melakukan kajian dan memberikan masukan, terkait kebijakan untuk pemerintahan selanjutnya.

"Kami memiliki beberapa fakultas yang mempunyai lulusan terbaik," ujarnya.

Hal itu ditegaskan Ketua Dewan Penasehat IKA Unpad Rudiantara menjelaskan dalam 50 tahun terakhir, keluaran Unpad bergelut pada dua bidang besar yakni hukum dan lingkungan hidup.

"Banyak alumni Unpad punya talenta yang siap diwakafkan untuk negara," katanya menegaskan.

Baca juga: Indikator sebut elektabilitas Ganjar-Sandi unggul atas Prabowo-Erick

Baca juga: Prabowo enggan bahas politik saat hadiri acara di Masjid Istiqlal

Pewarta: Fauzi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023