Jakarta (ANTARA) - Andy Rourke yang merupakan bassis dari The Smiths telah meninggal dunia di usia 59 tahun, kematian Rourke diumumkan kemarin (19/5) oleh mantan rekan band Johnny Marr di media sosial.

Menurut laporan dari NME, Sabtu, Marr menyatakan bahwa Rourke meninggal setelah sakit kanker pankreas berkepanjangan.

"Andy akan dikenang sebagai jiwa yang baik oleh mereka yang mengenalnya dan sebagai musisi yang sangat berbakat oleh penggemar musik,” tulis Marr.

Rourke terkenal sebagai bassis utama untuk The Smiths antara tahun 1982 dan 1986, dan sekali lagi dari 1986 hingga 1987. Rourke juga tampil di keempat album studio The Smiths: 'The Smiths' tahun 1984, 'Meat Is Murder' tahun 1985, tahun 1986. 'The Queen Is Dead' dan 'Strangeways, Here We Come' tahun 1987.

Baca juga: Drummer band legendaris Jepang YMO meninggal dunia

Di luar The Smiths, Rourke juga membentuk dan tampil dengan supergrup Freebass bersama Peter Hook dari New Order dan Mani dari Stone Roses. Dia juga merekam dengan The Pretenders untuk rekaman 1994 mereka “Last of the Independents” dan Moondog One dengan mantan gitaris Oasis Bonehead.

Rourke bertemu Marr pada usia 11 tahun, keduanya bermain musik bersama di ruang musik di sekolah mereka. Empat tahun kemudian, setelah lulus sekolah, Rourke membentuk The Smiths di Manchester bersama Marr, Morrissey, dan drummer Mike Joyce pada 1982.

Selain mengumumkan kematian rekannya itu, Johnny Marr juga mengenang hubungannya dengan Rourke.

“Andy dan saya bertemu sebagai anak sekolah pada tahun 1975. Kami berteman baik, pergi ke mana-mana bersama. Ketika kami berusia lima belas tahun, saya pindah ke rumahnya bersama dia dan ketiga saudara laki-lakinya dan saya segera menyadari bahwa pasangan saya adalah salah satu dari orang-orang langka yang sama sekali tidak disukai siapa pun,” terang Marr.

Baca juga: Taylor Hawkins, drummer Foo Fighters meninggal dunia

“Andy dan saya menghabiskan seluruh waktu kami untuk belajar musik, bersenang-senang, dan berusaha menjadi musisi terbaik yang kami bisa. Saat itu Andy adalah pemain gitar dan ahli dalam hal itu, tetapi ketika dia mengambil bass dia akan menemukan panggilan sejatinya dan bakat tunggalnya akan berkembang, ”lanjut Marr.

Tak hanya itu, dia pun menulis tentang persahabatan mereka setelah perpecahan The Smiths.

“Kami mempertahankan persahabatan kami selama bertahun-tahun, di mana pun kami berada atau apa yang terjadi dan merupakan kebanggaan pribadi serta kesedihan bahwa terakhir kali Andy bermain di atas panggung dengan saya dan band saya di Maddison Square Garden pada September 2022. Itu adalah momen spesial yang kami bagikan dengan keluarga saya dan istri serta belahan jiwanya Francesca,” kata Marr.

“Andy akan selalu dikenang, sebagai jiwa yang baik oleh semua orang yang mengenalnya, dan sebagai musisi yang sangat berbakat oleh orang-orang yang mencintai musik. Bagus sekali Andi. Kami akan merindukanmu, saudara,” ujar Marr.

Baca juga: Pemain keyboard "Depeche Mode" Andrew Fletcher meninggal dunia

Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023