Fuzhou, China, (ANTARA /Xinhua-AsiaNet)- Dari tanggal 15 hingga 17 Mei, Zhou Zuyi, Sekretaris Komite Provinsi Fujian dan Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Provinsi Fujian, memimpin delegasi ke Singapura, menurut Kantor Informasi Pemerintah Provinsi Fujian.

Berdasarkan konsensus penting yang dicapai oleh pemimpin negara China dan Singapura, delegasi ini mengadakan berbagai kegiatan untuk mempromosikan kerjasama bisnis dan pertukaran budaya, serta mengunjungi komunitas Fujian. Dalam upaya untuk memperdalam persahabatan dan meningkatkan kerjasama antara Fujian dan Singapura, kunjungan ini bertujuan untuk memanfaatkan kekuatan kedua belah pihak dan mencapai hasil yang saling menguntungkan.

Singapura merupakan tujuan utama migran dari Fujian dalam beberapa abad terakhir, dan salah satu negara pertama yang berpartisipasi dalam pembukaan dan perkembangan Fujian setelah diberlakukannya kebijakan reformasi dan pembukaan China. Saat ini, sekitar 1,63 juta orang Tionghoa di Singapura berasal dari Fujian.

Dengan kedekatan geografis dan afinitas budaya, Fujian dan Singapura telah menjalin pertukaran yang sering dalam berbagai bidang. Setelah China dan Singapura menjalin hubungan diplomatik pada tahun 1990, kerjasama antara Fujian dan Singapura semakin meningkat dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan, kesehatan, budaya, dan pariwisata, yang memberikan dorongan bagi perkembangan kedua belah pihak.

Pada tahun 2022, nilai perdagangan dua arah antara Fujian dan Singapura mencapai 27,14 miliar yuan China, meningkat 36,8% dibandingkan tahun sebelumnya. Hingga akhir 2022, Singapura telah menginvestasikan dalam 1.833 proyek di Provinsi Fujian, dengan total investasi kontrak sebesar 11,87 miliar dolar Amerika Serikat.

Pada tahun 1821, perahu layar junk China pertama yang berlayar langsung dari China ke Singapura berangkat dari Xiamen, Provinsi Fujian. Sejak saat itu, Fujian dan Singapura semakin sering melakukan kerjasama ekonomi, perdagangan, dan pertukaran antarwarga.

Kerjasama ekonomi dan perdagangan telah mempererat hubungan ekonomi antara Fujian dan Singapura. Departemen Perdagangan Provinsi Fujian, International Enterprise Singapore, dan lembaga lainnya secara bersama-sama mengadakan serangkaian acara promosi seperti Simposium China (Fujian)-Singapura tentang Kerjasama Ekonomi, Perdagangan, dan Keuangan pada tahun 2023, dan KTT Kerjasama Perusahaan Teknologi Internasional (SG-CN Fujian) pada tahun 2022. Acara-acara ini bertujuan untuk mendorong perusahaan-perusahaan terkemuka Singapura di sektor elektronik, teknologi informasi, dan petrokimia untuk memanfaatkan keunggulan mereka dalam modal, teknologi, peralatan, dan produk serta mendirikan operasi di Fujian, sehingga mendorong perkembangan industri terkait di Fujian menuju pengembangan berkualitas tinggi dan lebih lanjut meningkatkan kerjasama ekonomi dan perdagangan antara Fujian dan Singapura.



Sumber: Kantor Informasi Pemerintah Provinsi Fujian

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023