Tugasnya presiden memimpin pembangunan untuk semua bidang, sementara wapres melakukan pengawasan di dalam manajemennya.
Jakarta (ANTARA) - Wakil presiden ke-6  RI Try Sutrisno mengingatkan tugas wakil presiden untuk membantu presiden dalam menyelesaikan program yang sudah ditetapkan.

"Di dalam Undang-Undang Dasar, singkat, wakil presiden adalah pembantu presiden," kata Jenderal TNI Purn. Try Sutrisno di kediamannya, Jalan Purwakarta, Menteng, Jakarta, Sabtu.

Try mengemukakan hal itu usai menerima kunjungan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Muhaimin digadang-gadang merupakan bakal calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). KKIR merupakan gabungan dua partai politik, yakni PKB dan Gerindra.

"Kita harus memberikan apresiasi kepada mereka yang berani mencalonkan sebagai presiden dan wakil presiden," ujarnya.

Ia menceritakan tugasnya sebagai wakil presiden saat mendampingi presiden ke-2 RI H.M. Soeharto. Kala itu dia diberikan tugas untuk melakukan fungsi pengawasan.

"Tugasnya presiden memimpin pembangunan untuk semua bidang, sementara wapres yang membantu itu, diserahi pengawasan di dalam manajemennya," katanya.

Dari 5 tahun masa jabatan, kata Try, dua tahun setengah dipergunakan untuk meninjau pembangunan di daerah. Dua setengah tahun tersisa, dipergunakan mengontrol departemen (kementerian).

"Benar enggak bangsa saya dibangun? Apakah ada korupsi?" katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengunjungi wakil presiden ke-6 Try Sutrisno di kediamannya, Jalan Purwakarta, Menteng, Jakarta, Sabtu.

Muhaimin tiba sekitar pukul 10.00 WIB didampingi sejumlah elite PKB, di antaranya Waketum PKB Jazilul Fawaid, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Wasekjen PKB Syaiful Huda, dan Menteri Ketenagakerjaan periode 2014—2019 Muhammad Hanif Dhakiri.

Beberapa waktu terakhir Muhaimin Iskandar telah melakukan safari politik. Dia telah bertemu sejumlah tokoh politik nasional, di antaranya Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, wakil presiden ke-11 RI Boediono, wakil presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla, dan wakil presiden ke-9 RI Hamzah Haz.

Baca juga: Muhaimim Iskandar kunjungi Try Sutrisno
Baca juga: Try Sustrisno beri pesan kepada calon pemimpin Indonesia

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023