Saya tidak dapat bekerja."
Milan (ANTARA News) - Mantan bintang sepak bola Italia di Piala Dunia, Roberto Baggio, mengundurkan diri dari posisinya di Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) lantaran ketiadaan alokasi keuangan di lembaga itu.

Baggio, yang populer dengan julukan "Si rambut ekor kuda", ditunjuk untuk mengisi posisi Direktur Teknik FIGC setelah Italia gagal total di Piala Dunia 2010.

Baggio bertanggung jawab dalam pengembangan tim nasional junior, namun ia mengumumkan pengunduran dirinya pada Rabu malam waktu setempat (Kamis WIB) dengan menyebut bahwa dirinya tidak mampu mengerjakan tugas-tugasnya.

"Saya tidak dapat bekerja. Sebanyak 900 halaman proyek saya pada dasarnya telah dipinggirkan," ujarnya.

Ia menimpali, "Kami dialokasikan sepuluh juta euro, namun ketika berbicara saya belum melihat sepeser pun, karena ini tidak terlihat seperti kami membuat kemajuan, maka saya tidak memiliki pilihan."

Presiden FIGC, Giancarlo Abate, mengatakan bahwa dirinya tidak terkejut dengan keputusan Baggio.

Ia menyebut fokus mantan penyerang Italia dan Juventus itu telah teralihkan dengan menghadiri sejumlah kursus kepelatihan pada beberapa tahun terakhir.

"Saya tidak terkejut dengan pengumuman dia. Saya sudah menduganya," kata Abate.

Apalagi, ia mengemukakan, "Karena komitmen-komitmen internasionalnya, ia tidak pernah mendapat kesempatan untuk mengorbankan banyak waktu kepada pekerjaannya. Dalam dua tahun terakhir ia telah menghadiri sejumlah kursus kepelatihan."

Abate agaknya ingin menyatakan secara terbuka bahwa pengunduran diri Baggio juga dilatarbelakangi ingin menjadi pelatih sepak bola.

Baggio pernah bermain untuk Fiorentina, Juventus, AC Milan, dan Inter Milan. Namun, ia kemungkinan paling diingat sebagai pemain top yang gagal mengeksekusi tendangan penalti sehingga membuat Italia kalah dari Brazil di final Piala Dunia 1994.
(Uu.H-RF/I015)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013