Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Senja Kirana Mayang yang merupakan adik wisudawan, mewakili almarhumah kakaknya Larasayu Putri Asyahrie saat wisuda periode VII Universitas Jember (Unej) tahun akademik 2022/2023 yang digelar di Gedung Auditorium kampus setempat, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.

Suasana wisuda juga diwarnai rasa haru karena ucapan selamat dan ijazah salah satu wisudawan dari Fakultas Kedokteran (FK) atas nama Larasayu Putri Asyahrie, S.Ked yang meninggal pada 8 Maret 2023, disampaikan  Rektor dan Dekan FK Universitas Jember kepada sang adik, Senja Kirana Mayang.

"Almarhumah Larasayu dikenal sebagai mahasiswi berprestasi, terbukti skripsinya mendapatkan nilai A dan Indeks Prestasi Kumulatifnya (IPK) mencapai 3,11," kata Dekan Fakultas Kedokteran Unej dr. Ulfa Elfiah di kampus setempat.

Sebagai salah satu bentuk penghormatan, panitia menayangkan foto-foto almarhumah Larasayu semasa menuntut ilmu di kampus Unej dan keharuan makin menyeruak di Gedung Auditorium kala sang ibu, Wiwik Budi Lestari dari Mataram, Nusa Tenggara Barat, hadir dan tidak bisa menahan kesedihan, sehingga sempat tak sadarkan diri dan harus didampingi oleh panitia.

Baca juga: Menggugah semangat belajar lewat program Kampus Mengajar

Baca juga: Semangat Robit ikut UTBK SNBT Unej usai kecelakaan


Laras yang lahir di Banjarmasin itu juga aktif dalam berbagai kegiatan kemahasiswaan di kampus dan sebenarnya almarhumah sudah mulai menjalani program pendidikan profesi dokter sembari menunggu wisuda.

"Namun takdir berkata lain, Laras berpulang ke Rahmatullah akibat sakit. Pelajaran yang bisa kami ambil adalah semangat almarhumah yang terus berjuang dan selalu bangkit saat menghadapi tantangan apapun," katanya.

Sementara itu, wisudawan berprestasi di jenjang doktoral (S3) adalah Henik Prayuginingsih dari Program Studi Doktor Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian dengan IPK 3,94.

Predikat wisudawan berprestasi di jenjang magister (S2) disandang dua wisudawan, mereka adalah Arum Hikmatul Afifah dari Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP dan Fradana Putra Disantara dari Program Studi Magister Ilmu Hukum Fakultas Hukum. Keduanya mencetak IPK sempurna atau IPK 4,00.

Kejadian serupa juga terjadi di jenjang sarjana (S1) yakni lulusan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian atas nama Natasya Meydi Santoso, dan Intan Hayu Ningrum dari Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FKIP, sama-sama memiliki IPK 3,99 dan juga sama-sama menyelesaikan kuliah dalam jangka waktu 3 tahun 5 bulan dan 5 hari.*

Baca juga: Universitas Jember waspadai perjokian dalam UTBK SNBT 2023

Baca juga: Unej terima penghargaan dari Persatuan Insinyur Indonesia Jatim

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023