Samarinda (ANTARA) - Walikota Samarinda, Kalimantan Timur, Andi Harun melepas sebanyak 581 calon haji asal Kota Samarinda tahun 2023, pada kegiatan manasik haji di Masjid Sofiatul Amin Komplek Gor Segiri Samarinda, Sabtu.

Andi Harun berpesan kepada para calon haji untuk terus menjaga kesehatan, sehingga bisa menjalankan ibadah haji di tanah suci dengan lancar.

"Kami juga mengimbau kepada jamaah untuk mempersiapkan diri dengan membawa obat dan peralatan yang bisa membantu menjaga kesehatan selama beribadah," kata Andi Harun saat memberikan sambutan.

Andi Harun mengaku bersyukur bahwa kegiatan ibadah haji kembali bisa dilaksanakan, setelah dua tahun vakum karena pandemi COVID-19.

Baca juga: Kemenag berangkatkan 489 petugas haji gelombang pertama ke Arab Saudi

Baca juga: Lima calon haji asal Jambi batalkan berangkat ke Tanah Suci


"Alhamdulillah, tahun ini jamaah Samarinda mengalami kenaikan secara signifikan, ini bukti bahwa masyarakat Samarinda punya niat besar untuk menjalankan rukun Islam kelima," kata Andi Harun.

Ia berpesan kepada para petugas haji untuk lebih ekstra dalam melakukan pendampingan kepada jamaah haji selama di tanah suci, mengingat dari laporan jamaah haji di Kaltim termasuk di Kota Samarinda banyak yang berusia lanjut, yakni di atas 60 tahun.

"Rata-rata jamaah menunggu antara 8-12 tahun maka petugas dan keluarga serta calon haji tentu harus tau bagaimana persiapan agar ibadah bisa berjalan dengan baik dan lancar," ujarnya.

Andi juga berpesan agar jamaah haji turut mendoakan kota Samarinda menjadi lebih baik ke depannya.

"Saya titip doa agar Samarinda menjadi daerah yang mendapatkan perlindungan dan pertolongan agar bisa selalu ada di lingkaran kebaikan," kata Andi Harun.

Berdasarkan data dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur jumlah jamaah haji yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekah pada tahun 2023 ini berjumlah 2.586 orang.

Jamaah haji asal Kaltim tersebut akan diberangkatkan dari embarkasi Balikpapan, secara bertahap sesuai dengan kloter dan pemberangkatan yang di mulai pada 25 Mei 2023.*

Baca juga: Komisi VIII DPR RI minta Kemenag bagi kuota tambahan haji proporsional

Baca juga: Sebanyak 7 calon haji Palopo batal berangkat

Pewarta: Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023