Makassar (ANTARA) - Ribuan scooterist atau pencinta motor vespa dari berbagai daerah di tanah air mengeksplorasi keindahan alam Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, melalui ajang Selayar Scooter Day #2 yang digelar 20-21 Mei 2023.

Wakil Bupati Selayar Saiful Arif melalui keterangannya di Makassar, Ahad, mengucapkan selamat datang di Kabupaten Kepulauan Selayar dan berharap kedatangan ribuan scooterist ini membuat daerahnya semakin dikenal dan dikenang.

Ia menjelaskan, dalam strategi pengembangan pariwisata di Sulawesi Selatan hanya ada dua yang ditunjuk yaitu Toraja dengan budayanya dan Selayar dengan baharinya.

Kendati demikian, kata Saiful Arif, Selayar bukan hanya wisata bahari, tetapi ada juga objek wisata sejarah, budaya, seni, dan objek wisata lingkungan.

Baca juga: Festival Taka Bonerate masuk Kharisma Event Nusantara 2022

Baca juga: Pemkab Selayar dorong kerja sama PTS untuk pengembangan wisata


Pemkab Selayar berharap kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut bukanlah kegiatan yang terakhir. Untuk itu dirinya meminta agar minat tersebut terus dikembangkan.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Selayar Muhammad Arsyad berharap ajang itu dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan jumlah wisatawan.

“Peserta dapat memperlihatkan keindahan alam dan potensi wisata Kepulauan Selayar secara luas sehingga dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang datang,” ujarnya.

Kunjungan pencinta motor vespa ke Kepulauan Selayar juga diharapkan dapat berkontribusi terhadap target kunjungan wisatawan 2023 ini serta membangkitkan semangat para pelaku pariwisata dalam memperbaiki desa wisata mereka.

“Ketika target kunjungan wisatawan tercapai, hal ini akan memotivasi kami di OPD (organisasi perangkat daerah) untuk meningkatkan upaya pembangunan sektor pariwisata, terutama dalam pengelolaan destinasi pariwisata, persiapan akomodasi, atraksi, dan peningkatan pelayanan pada fasilitas penunjang pariwisata lainnya,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Umum Scooter Nekara Tanadoang Club Muhammad Armal, ST mengatakan, rangkaian kegiatan Selayar Scooter Day dilaksanakan guna memperkenalkan dan mempublikasikan keindahan wisata alam, bahari dan budaya Kepulauan Selayar.

“Kita mengharapkan ini menjadi ajang promosi pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan,” ucapnya.*

Baca juga: Kabupaten Kepulauan Selayar kembangkan 10 potensi wisata bahari

Baca juga: Dispar Sulsel dorong pemkab kembangkan destinasi baru

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023