Gorontalo (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu Prof Sagaf S Pettalongi mengatakan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) merupakan wujud kontribusi Kementerian Agama dalam pembinaan generasi muda dan masyarakat untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai keberagaman.

"PWN menjadi salah satu upaya pendekatan dalam membina masyarakat khususnya generasi muda melalui moderasi beragama," ucap Sagaf S Pettalongi, di Gorontalo, Senin.

Kementerian Agama menunjuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Gorontalo sebagai tuan rumah penyelenggaraan PWN XVI Tahun 2023.

Baca juga: UIN Palu manfaatkan PWN kenalkan potensi akademik dan Sulteng

PWN kali ini mengangkat tema merawat keberagaman dan perdamaian dalam bingkai moderasi beragama dengan subtema penguatan moderasi beragama untuk mencapai sustainable development goals.

UIN Palu mengirimkan 16 mahasiswa dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana Karamatul Husna yang terdiri atas delapan laki-laki dan delapan perempuan untuk mengikuti PWN XVI di IAIN Gorontalo yang diselenggarakan pada tanggal 22-27 Mei 2023.

Melalui PWN, kata Sagaf, Kemenag memperkuat pemahaman mahasiswa dan masyarakat mencakup trilogi relasi yang berkaitan dengan penguatan nilai-nilai spiritualitas yaitu hubungan dengan Allah, hubungan sesama manusia, dan hubungan dengan alam.

Baca juga: Menag: PWN tumbuhkan gerakan inovasi pramuka hadapi perubahan zaman

"Hal ini menjadi salah satu penentuan keberhasilan," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, PWN menjadi wadah pembinaan untuk mahasiswa mengimplementasikan trilogi tersebut secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Kemenag melalui PWN juga mengoptimalkan pembinaan kapasitas dan keterampilan mahasiswa untuk mampu menghadapi tantangan dan perubahan zaman.

"Hal itu karena perubahan zaman tidak bisa dihindari oleh siapapun," kata dia.

Baca juga: Kemenag: Perkemahan Wirakarya Nasional kuatkan nasionalisme mahasiswa

PWN XVI tidak sekadar perkemahan semata, melainkan juga diisi dengan penguatan keterampilan, di antaranya pelatihan kewirausahaan digital, pelatihan inspirasi Nusantara kuliner khas Gorontalo, pelatihan ekonomi kreatif, pelatihan trauma healing, pelatihan sertifikasi halal dan ketahanan pangan, pelatihan optimalisasi media sosial dan transformasi digital.
Menteri Agama menghadiri PWN XVI di Kampus II IAIN Gorontalo, Senin (22/5/2023). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023