Kami hanya menunggu petunjuk, kebetulan posko ini disiagakan hingga 31 Januari. Selain itu kami bergerak berdasarkan antisipasi banjir susulan,"
Jakarta (ANTARA News) - Posko siaga banjir Koramil dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 01 Jatinegara memastikan akan tetap bersiaga sampai Kamis (31/1) meskipun air di sekitar wilayah tersebut sudah surut.

"Kami hanya menunggu petunjuk, kebetulan posko ini disiagakan hingga 31 Januari. Selain itu kami bergerak berdasarkan antisipasi banjir susulan," kata Petugas Pelaksana Posko Banjir Koramil 01/Jatinegara, Sersan Mayor Hariyadi, di Jakarta, Jumat.

Menurut Hariyadi, setidaknya terdapat 27 personel yang masih bersiaga di posko tersebut, dengan komposisi 25 orang dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan dua orang dari BNPB.

"Dari TNI 50 orang dan empat dari BNPB. Dibagi dua masing-masing 27 di tiap posko di Jatinegara dan Kalibata," kata dia.

Hariyadi menyebutkan setidaknya di posko banjir tersebut terdapat dua perahu karet ukuran sedang dan tiga tenda besar untuk antisipasi evakuasi banjir susulan.

Meski demikian, Hariyadi juga mengatakan masih mungkin apabila posko diperpanjang jikalau terjadi banjir susulan.

"Mungkin saja (diperpanjang), kami tinggal menunggu petunjuk," kata dia.

Ia juga menyampaikan dalam dua tiga hari terakhir warga sekitar posko sudah mulai membersihkan lingkungan pemukiman mereka dari sampah sisa-sisa banjir, dibantu oleh petugas TNI.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, menepis isu yang beredar mengenai kemungkinan banjir besar di Jakarta pada 27 Januari 2013.

"Laporan BMKG mengatakan selama 25-28 Januari 2013 curah hujan yang jatuh di Jakarta dominan berintensitas rendah hingga sedang, sehingga kecil kemungkinan banjir besar akan terjadi pada 27 Januari 2013," kata Sutopo di Jakarta, Jumat.

Berdasarkan data BNPB hingga Kamis (24/1) total pengungsi banjir di Jakarta mencapai 15.423 orang. Banjir merendam 720 RT di 73 Kelurahan di Jakarta.

"Sebaran pengungsi berada di 68 titik. Di Jakarta Timur jumlah pengungsi 7.196 jiwa, Jakarta Selatan 3.147 jiwa, Jakarta Pusat 1.268 jiwa, Jakarta Barat 2.912 jiwa dan Jakarta Utara 900 jiwa," kata Sutopo, Kamis (24/1).

Pemerintah kata Sutopo terus melakukan upaya penanganan tanggap darurat. Posko Nasional Penanggulangan Banjir akan bekerja hingga akhir Februari 2013 dengan menyesuaikan besarnya banjir yang terjadi di Jakarta.(G006/Z002)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013