Menyimpan daging ayam di lemari es memang nyaman, tetapi, banyak orang mungkin belum mengetahui berapa lama mereka bisa mendinginkan ayam dengan aman.
JAKARTA (ANTARA) - Pada banyak rumah tangga, ayam dianggap sebagai daging pokok sehingga teknik penyimpanannya perlu diperhatikan baik dalam keadaan mentah atau telah dimasak agar bertahan lama dan layak konsumsi.

Situs penyedia informasi kesehatan Healthline, dalam sebuah artikelnya beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa daging ayam mentah atau yang dimasak dapat disimpan beberapa hari hingga satu tahun. Lama waktu bertahan bisa bervariasi tergantung pada apakah dibekukan atau didinginkan.

Sumber protein yang sehat dan lezat itu memiliki risiko kontaminasi bakteri yang tinggi. Itulah mengapa menyiapkan, menyimpan, dan memasak daging ayam dengan benar menjadi penting karena jika tidak, bisa menjadi sumber penyakit bawaan makanan.

Menyimpan daging ayam di lemari es memang nyaman, tetapi, banyak orang mungkin belum mengetahui berapa lama mereka bisa mendinginkan ayam dengan aman.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), daging ayam mentah dapat disimpan di lemari es sekitar 1–2 hari. Hal yang sama berlaku untuk kalkun mentah dan unggas lainnya.

Sedangkan ayam yang sudah matang bisa bertahan di dalam kulkas kurang lebih 3-4 hari.

Baca juga: Tips menyimpan bahan makanan agar tetap segar

Menyimpan ayam di lemari es membantu memperlambat pertumbuhan bakteri karena bakteri cenderung tumbuh lebih lambat pada suhu di bawah 40 derajat Fahrenheit (4 derajat Celsius).

Selain itu, ayam mentah sebaiknya disimpan dalam wadah anti bocor untuk mencegah sarinya bocor dan mencemari makanan lain. Ayam yang dimasak harus didinginkan dalam wadah kedap udara.

Jika ingin menyimpan ayam lebih dari beberapa hari, sebaiknya simpan di dalam freezer atau pembeku.

Potongan ayam mentah dapat disimpan dalam freezer hingga 9 bulan, sedangkan ayam utuh dapat dibekukan hingga 1 tahun. Ayam yang sudah dimasak dapat disimpan dalam freezer selama 2–6 bulan.

Cara mengetahui daging ayam sudah busuk

Jika menyimpan ayam di lemari es selama lebih dari beberapa hari, ada kemungkinan ayam menjadi busuk. Berikut beberapa cara untuk mengetahui apakah ayam di lemari es sudah busuk:

1. Sudah melewati tanggal kedaluwarsa
Ayam mentah atau matang yang telah melewati tanggal “sebaiknya digunakan sebelum” kemungkinan besar akan membusuk.

2. Perubahan warna
Ayam mentah dan matang yang mulai berubah warna menjadi abu-abu kehijauan. Bintik-bintik jamur abu-abu ke hijau menunjukkan pertumbuhan bakteri.

3. Berbau
Daging ayam mentah dan matang mengeluarkan bau asam yang menyerupai amonia, namun, aroma itu sulit diketahui jika ayam telah dibumbui dengan saus, herba, atau rempah.

4. Tekstur
Ayam yang teksturnya berlendir berarti sudah busuk. Membilas ayam tidak akan menghancurkan bakteri. Sebaliknya, hal itu dapat menyebarkan bakteri dari unggas ke makanan, peralatan, dan permukaan lain, menyebabkan kontaminasi silang.

Baca juga: Kiat menyimpan daging

Risiko makan ayam basi

Makan ayam basi dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan, juga dikenal sebagai keracunan makanan. Ayam berisiko tinggi menyebabkan keracunan makanan karena mungkin terkontaminasi bakteri seperti Campylobacter, Salmonella, dan lainnya.

Biasanya, bakteri itu dihilangkan saat ayam segar dimasak secara menyeluruh.

Namun, tetap hindari memasak dan memakan ayam basi. Meskipun memanaskan kembali atau memasak dapat membunuh bakteri permukaan, cara itu tidak akan menghilangkan beberapa racun yang diproduksi oleh bakteri, yang dapat menyebabkan keracunan makanan jika termakan.

Keracunan makanan dapat menyebabkan gejala yang tidak nyaman dan terkadang berbahaya, termasuk demam tinggi (di atas 101,5 derajat Fahrenheit atau 38,6 derajat Celsius), menggigil, mual, muntah, diare, tinja berdarah, dan dehidrasi.

Dalam beberapa kasus, keracunan makanan yang parah memerlukan rawat inap dan bahkan menyebabkan kematian.

Baca juga: Tips menyimpan daging, buah dan sayur tahan lama kala pandemi

Baca juga: Jangan buang makanan, ini tips menyimpan ayam untuk 4 menu

Baca juga: Ternyata pintu kulkas bukan tempat terbaik menyimpan telur


Penerjemah: Siti Zulaikha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023