ada 23 orang yang harus ekstra dijaga kesehatannya
Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melaksanakan pelepasan keberangkatan 214 Calon Jamaah Haji (JCH) tahun 2023/1444 Hijriah di aula kantor wali kota, Senggarang, Senin.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma, merinci 214 JCH yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah, Arab Saudi, meliputi 85 orang laki-laki dan 125 perempuan.

"CJH tertua berusia 85 tahun dan termuda berusia 25 tahun," kata Rahma.

Rahma mengucapkan selamat kepada seluruh JCH yang sudah punya kesempatan untuk diberangkatkan ke tanah suci pada tahun 2023 dan diharapkan memperoleh haji yang mabrur.

Keberangkatan haji tahun ini jadi momen yang sangat ditunggu oleh umat Islam khususnya CJH, karena masih banyak antrean untuk naik haji.

Baca juga: Kemenag alihkan 24 ribu kuota jamaah haji yang belum bayar BIPIH
Baca juga: Pemprov lepas 1028 calon jemaah haji asal Provinsi Papua


Menurutnya keberangkatan haji tahun 2023 dilakukan secara penuh jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang masih terbatas akibat adanya wabah COVID-19.

"Alhamdulillah, sekarang kuota CJH sudah kembali normal," ujarnya.

Rahma berpesan kepada seluruh CJH agar bisa menjalin kebersamaan di saat berada di tanah suci, karena dari 214 CJH Tanjungpinang ada sebanyak 98 orang yang berusia di atas 60 tahun. Kendati semuanya sudah dinyatakan lulus secara kesehatan.

"Tapi ada 23 orang yang harus ekstra dijaga kesehatannya. Untuk itu saya harap seluruh CJh harus mengedepankan kebersamaan dan saling membantu satu sama lain," ucapnya.

Baca juga: Kemenag: Kuota calon haji Depok 2023 bertambah dua kali lipat
Baca juga: Dinkes Mataram: Petugas haji beri atensi tinggi calon haji lansia


Apalagi, lanjut Rahma, kondisi di Mekah saat ini sangat padat mengingat seluruh daerah mendapatkan kuota haji penuh seperti di Tajungpinang. Ia juga mengimbau para pendamping haji bisa membimbing CJH yang sudah lanjut usia tersebut.

"Kami doakan semua CJH selamat sampai tujuan dan kembali ke asalnya masing-masing," demikian Rahma.

214 CJH asal Tanjungpinang akan diberangkatkan menuju asrama haji di Kota Batam, Rabu (24/5), melalui pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

Keesokan harinya, Kamis (25/5), mereka akan diterbangkan ke Arab Saudi melalui Bandara Hang Nadim, Kota Batam.

Baca juga: Sebanyak 768 mukimin dilibatkan dalam pelayanan jamaah haji 2023
Baca juga: Wakil Ketua MPR ingatkan jamaah haji jaga hati hingga nama baik bangsa

Pewarta: Ogen
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023